Lihat ke Halaman Asli

djoko st

bloger

Kucing Peliharaan Berubah Jadi Kucing Garong, Mungkin Ini Penyebabnya

Diperbarui: 15 Juni 2024   23:33

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kucing mencuri ikan. Foto: easy-peasy.ai.

Meski lucu, imut-imut, dan menggemaskan, bisa saja kucing yang kalian pelihara tiba-tiba menjengkelkan gara-gara ia berubah menjadi seekor kucing garong.

Tak boleh meleng sedikit, pindang bandeng atau pepes ikan emas bumbu kuning di dapur langsung diembat si meong.

Kenapa kucing yang kita pelihara tiba-tiba bisa menjadi kucing garong?

Kucing senantiasa memiliki perilaku oportunis, seperti kebanyakan politikus. Maka, jika ada kesempatan, sekecil apa pun, maka ia akan memanfaatkan kesempatan tersebut, termasuk kesempatan mengembat pindang bandeng atau pepes ikan emas bumbu kuning di dapur.

Selain itu, kucing adalah hewan yang secara alami memiliki rasa ingin tau yang tinggi. Mereka sering tertarik untuk mengendus-ngendus aroma, tekstur, dan benda-benda baru di sekitar mereka. Makanan di dapur yang sangat lezat, so pasti dapat sangat menarik bagi sang kucing lantaran aroma dan teksturnya yang menggoda.

Kucing juga adalah predator secara alami, dan berburu makanan adalah perilaku instingtif hewan ini. Meskipun kucing yang telah kalian perlihara diberi makan secara teratur, insting berburu hewan ini masih dapat mendorong mereka untuk mengeksplorasi sumber makanan yang menyerupai mangsanya.

Modus lain kucing yang kalian pelihara berubah menjadi kucing garong mungkin untuk menarik atensi dari sang babu (majikan). Bahkan, perhatian negatif (seperti dikejar atau diusir) justru dapat memperkuat perilaku tersebut saat kucing benar-benar menginginkan adanya atensi dan interaksi.

Bisa jadi kucing peliharaan kalian berubah menjadi kucing garong karena ia merasa bosan dan kurang mendapat stimulasi, sehingga mencari aktivitas lain dengan masuk ke dapur atau ruang makan dan mencoba mencuri makanan sebagai bentuk hiburan baginya.

Untuk meminimalisir agar kucing peliharaan tidak berubah menjadi kucing garong, beberapa upaya mungkin bisa kalian lakukan.

Pertama, perketat penyimpanan. Simpan semua makanan dengan aman dalam wadah yang tidak bisa dibuka dengan mudah oleh kucing, seperti toples tertutup atau wadah dengan penutup rapat. Hindari meninggalkan makanan di atas permukaan yang dapat dijangkau oleh kucing. Pencurian atau penggarongan dapat terjadi salah satunya karena ada kesempatan dan kemudahan akses.

Kedua, bersihkan permukaan lantai. Pastikan lantai dapur atau ruang makan tetap bersih dan bebas dari sisa-sisa makanan atau remah-remah yang mungkin menarik perhatian kucing.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline