Lihat ke Halaman Asli

Apakah Wajib Memiliki Alat dan Media Seharga Selangit untuk Berkarya?

Diperbarui: 29 Maret 2019   20:11

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

sumber: @simut95

Apakah freehand bernilai tinggi dari pada grid ?

Apakah manual lebih keren dari pada digital ?

Apakah arsiran lebih baik dari pada dusel ?

Dan, Apakah wajib memiliki alat yang seharga selangit untuk berkarya dan berkreasi ?

Nah, itulah sederet pertanyaan orang awam perihal menggambar atau bahkan menjadi (perbandingan) orang awam terhadap seniman atau malah sesama seniman itu sendiri.

Sejatinya masing-masing orang mempunyai style atau teknik tertentu dalam proses berkarya dan tidak perlu meniru atau memaksa meniru style orang lain. Tidak perlu mengedepankan ego demi menonjolkan karya sendiri demi keuntungan pribadi.

Jadilah diri sendiri, tidak perlu berpusing ria mengurusi hak ekspresi pribadi orang lain karena semua orang mempunyai ruang, berhak berkreasi dan melakukan sesuatu yang benar-benar disukai, sesuatu yang membuat keraguan menjadi layak dijalani, dan sesuatu yang hidup menjadi hidup. Berkreasi dengan alat dan media yang bertarif mahal maupun murah sekalipun pun tidak ada masalah karena seni tidak salah. salah satu contohnya yaitu pensil yang seharga hanya sekitar lima ribu per buahnya bisa menghasilkan karya yang mengagumkan dan bernilai jual tinggi juga lhoh, jangan salah ya...

sumber : @simut95

hmm... bicara perihal menggambar tentunya tidak akan luput yang namanya pensil. Ya kan?? Saya mempunyai filosofi sendiri ya terkait menggambar. Jadi, mohon maaf jika kalian mungkin tidak sepakat dengan tullisan ini.

Sejauh ini, selama saya menggeluti dunia seni dan desain terutama menggambar secara freehand, banyak yang mempertanyakan perihal enak tidaknya, nyaman tidaknya, awet tidaknya, dan lain sebagainya saat menggunakan pensil untuk melukis.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline