Lihat ke Halaman Asli

Timnas U-19 Myanmar, The Rising Star

Diperbarui: 17 Juni 2015   20:35

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Olahraga. Sumber ilustrasi: FREEPIK

Akhirnya, timnas U19 myanmar mencatatkan sejarah baru pertama kalinya lolos ke piala dunia U20, setelah dalam laga perempatfinal tadi mengalahkan UEA dengan skor 1-0.

Kehebatan timnas U19 myanmar sudah terlihat saat 2 kali ujicoba menghadapi Evan dimas cs di gelora bung karno, senayan. Dalam ujicoba tersebut, timnas u19 myanmar sekali menahan imbang dan sekali menang. Anak asuhan Zerd Geise, kembali membuat kejutan setelah beberapa bulan lalu menjuarai turnamen HBT 2014 dengan mengalahkan tim unggulan vietnam dengan skor 4-3.

Penampilan gemilang itulah, yang membuat timnas u19 myanmar menjadi lebih percaya diri menghadapi piala asia u19 yang di gelar di negaranya sendiri. Myanmar yang berada satu grup bersama thailand, yaman dan iran di grup A, nyaris tidak lolos dari fase grup setelah meraih poin yang sama dengan yaman, yakni 4 poin. Beruntung, myanmar unggul defisit 1 gol dari yaman.

Menghadapi UEA tadi, myanmar sebenarnya tidak lebih di unggulkan untuk meraih kemenangan. Hal itu tak terlepas dari penampilan UEA yang sangat baik di grup B, yang tidak mengalami kekalahan di 3 laganya, dan membantai timnas U19 indonesia 4-1, lalu lolos sebagai juara grup B di atas Uzbekistan dan Australia.

Namun, dengan mendapatkan dukungan total dari warga negaranya. Myanmar sukses mengalahkan UEA dan secara otomatis mendapatkan 1 tiket piala dunia u20 setelah memastikan diri tampil di babak semifinal piala asia u19.
Dan bersama Korut, Qatar, juga Uzbekistan, telah menyingkirkan nama-nama besar dan tim unggulan seperti korsel, jepang, Irak, Australia, China, Vietnam dan thailand.

Hasil fantastis ini, menjadikan timnas U19 myanmar sebagai The Rising Star dalam persepakbolaan Asia tenggara yang akan menjadi saingan terberat thailand, indonesia dan vietnam di masa depan.

Jika menilik sejarah sepakbola myanmar. Mereka bukanlah kekuatan baru persepakbolaan junior di level asia. Dalam sejarah, timnas U19 myanmar adalah salah satu tim tersukses di asia dengan mengoleksi 7 gelar juara piala asia U19 (sumber : ggintersport.com). Mungkin karena berdasarkan regulasi atau suatu hal, Myanmar pun baru mencatatkan lolos ke piala dunia U20 sekarang ini.

Terlepas dari itu semua, Myanmar telah memperlihatkan kehebatannya di level junior sepakbola asia. Dan memberi sinyal bahaya pada negara-negara tetangga di kawasan asia tenggara, termasuk indonesia. Jika terus bertahan, bukan mustahil myanmar akan mendominasi persepakbolaan asia tenggara di tahun-tahun yang akan datang.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline