Lihat ke Halaman Asli

Produk Baru Perbankan 'Bancassurance'

Diperbarui: 1 Maret 2017   00:48

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ekonomi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Caruizp

Mungkin teman-temanku yang baca artikel ini sudah ada yang tau apa itu bancassurance. Sebenarnya Bancassurance ini prakteknya sudah di lakukan di Negara prancis sekitar 30-35 tahun yang lalu. Namun  bagi Negara asia bancasssurance masih tergolong baru dimulai sekitar 10-15 tahun. Secara sederhana Bancassurance sendiri itu ialah aktivitas pemasaran produk asuransi oleh bank, dimana aktivitas pemasaran ini dilandasi dengan kerjasama antara bank dengan perusahaan asuransi. 

Karena bancassurance tergolong baru, banyak orang salah mengartikannya. Secara umum mungkin orang akan beranggapan bahwa bancassurance adalah praktek menjual produk asuransi lewat bank. Padahal, hal sebaliknya juga dapat terjadi. Artinya bias terjadi pertukaran silang antara kedua lembaga bank dan asuransi ini dimana bank dapat menjual produk asuransi dan sebaliknya asuransi dapat menjual produk bank. Bisa di bilang ini merupakan hubungan simbiosis mutualisme,hubungan yang saling menguntungkan. 

Target utama dari pemasaran produk ini ialah nasabah dari bank tersebut. Pelayanan bancassurance ini untuk melayani kebutuhan nasabah dan memberikan solusi yang menyeluruh kepada nasabah bank serta untuk melakukan proteksi terhadap resiko. Tujuan dari bancassurance adalah untuk meningkatkan fee based income dan meningkatkan loyalitas nasabah.

Bancassurance dapat diklasifikasikan menjadi 3 model bisnis, yaitu :

  • Referensi
    • Merupakan suatu aktivitas kerjasama pemasaran produk asuransi, dengan bank berperan hanya mereferensikan atau merekomendasikan suatu produk asuransi kepada nasabah. Aktifitas referensi dapat dibedakan sebagai berikut :
      • Referensi dalam rangka produk bank, bank mereferensikan atau merekomendasikan produk asuransi yang menjadi persyaratan untuk memperoleh suatu produk perbankan kepada nasabah.
      • Referensi tidak dalam rangka produk bank, kebalikannya dari yang pertama yaitu tidak menjadi persyaratan untuk memperoleh suatu produk perbankan kepada nasabah.
  • Kerjasama distribusi
    • Dalam kerjasama distribusi ini Bank berperan memasarkan produk asuransi dengan cara memberikan penjelasan mengenai produk asuransi tersebut secara langsung kepada nasabah. Penjualan produk asuransi juga dapat dilakukan melalui telemarketing, call center dan direct marketing.
  • Integrasi produk
    • Integrasi produk merupakan suatu aktivitas kerjasama pemasaran produk asuransi, dengan bank berperan memasarkan produk asuransi kepada nasabah dengan cara melakukan modifikasi dan atau menggabungkan produk asuransi dengan produk bank.
  • Jika teman-temanku kurang paham, silahkan baca aja bukunya di perpus milik kampus kita , karangan Ikatan banker Indonesia dan Lembaga sertifikasi Profesi perbankan tahun 2013 yang berjudul “memahami bisnis bank”.
  • Tentunya artikel ini banyak sekali kekuarangan dan kesalahan. Jika ada pertanyaan/ kurang jelas silahkan Tanya pada diskusi besok malam. ;)
  • #fakultas_ekonomi_dan_bisnis_islam
  • #IAIN_JEMBER_2014
  • Salam kenal, by Djalal Ajaval



BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline