Lihat ke Halaman Asli

Semua Persoalan Memiliki Jawabannya Sendiri

Diperbarui: 24 Juni 2015   21:36

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

“Hidup selalu terkendali dalam keseimbangan bersama jawaban dan solusi. Kekayaan pengetahuan dan wawasan akan menuntun untuk menemukan jawaban sesuai kebutuhan.”~ Djajendra

Kecerdasan untuk menyimak kehidupan akan memberikan pelita terang ke dalam jiwa. Kehidupan ada dalam warna-warni yang tidak harus dipahami, tapi harus dihormati, agar kehidupan mau menghormati Anda. Semakin Anda menjadi cerdas sosial, semakin kehidupan akan membangunkan jembatan yang menghubungkan Anda dengan realitas di luar diri Anda.

Anda harus memahami bahwa diri Anda tidaklah terbatas oleh perasaan dan pikiran Anda sendiri, tapi juga oleh pengaruh dari perasaan dan pikiran dari orang-orang di sekitar Anda. Walaupun Anda dilahirkan dari sebuah keluarga, tapi diri Anda telah terdidik sebagai produk sosial, yang dimulai dari sekolah, dan seterusnya dalam sekolah pengaruh kehidupan yang sangat luas, tergantung luasnya wawasan dan pengetahuan yang Anda temui.

Arahkan hidup menuju sukacita yang lahir dari pikiran jernih, dan jangan biarkan berbagai persoalan kehidupan dari luar diri membuat Anda tenggelam didalamnya, serta kehilangan arah untuk menemukan diri sendiri. Karena Anda ada untuk kebahagiaan diri Anda, dan untuk menjadi energi kebaikan buat kehidupan orang lain. Jadilah diri sendiri dengan kecerdaan sosial yang tinggi, untuk saling menghargai dalam kehidupan yang harmonis.

Anda tidak harus merasa terjebak di tengah-tengah sebuah situasi kehidupan. Karena setiap momen dalam kehidupan tercipta bersama solusi dan jawabannya. Tidak ada jurang gelap dalam kehidupan, yang ada hanya sinar terang yang selalu dengan setia menemani setiap orang. Jadi, Anda tidak perlu takut ditinggalkan atau tidak dibutuhkan oleh kehidupan. Kehidupan menghadirkan Anda dalam permainannya, agar Anda bisa mengeksplorasi dan menemukan semua potensi hebat Anda, untuk dihadirkan dalam permainan kehidupan. Oleh karena itu, jangan lumpuhkan jiwa Anda dengan konflik internal batin Anda. Siapkan karakter Anda untuk Anda pentaskan dalam keramaian kehidupan yang sangat berwarna-warni ini. Anda adalah sangat unik dan istimewa, dan selalulah rawat keunikan Anda dengan penuh percaya diri dalam kecerdasan sosial yang unggul.

Setiap hal dalam hidup sangat berharga. Semakin Anda memperincikan hidup melalui bagian-bagian terkecil dari setiap situasi, maka Anda akan semakin memahami untuk mengalir bersama realitas. Ketika Anda memperkuat kesadaran diri untuk memahami semua rincian hidup dari pikran jernih Anda, maka saat itu Anda akan sadar bahwa semua persoalan memiliki jawabannya sendiri. Jadi, Anda dengan ketenangan diri, dengan wawasan dan pengetahuan yang luas, dengan kesadaran diri yang tinggi, akan menemukan solusi dan jawaban untuk setiap keadaan dan tantangan yang Anda hadapi.

Hidup adalah rangkaian fakta dan imajinasi yang terarah kepada sebuah tujuan. Dan, Anda harus membuat tujuan Anda jelas dalam perencanaan yang baik. Bila tujuan Anda terjebak dalam kebingungan dan ketidakjelasan, Anda harus mampu menyederhanakan pola hidup, serta menyimak semua realitas kehidupan melalui kesadaran diri, yang dipertegas dengan wawasan dan pengetahuan yang benar, agar semua kebingungan dan ketidakjelasan tersebut dapat Anda temukan jawabannya dari realitas yang ada.

Anda tidak perlu takut untuk mencoba sesuatu yang baru dan menarik. Anda tidak perlu merasa panik ketika pertama kali mencoba sesuatu yang berbeda dan belum terbukti. Lakukan apa yang ingin Anda lakukan dengan tindakan berani dari gairah dan kemampuan Anda. Karena, semua yang ingin Anda lakukan itu sudah ada solusinya dari keyakinan dan kepercayaan Anda. Dan, semuanya tergantung kepada suara hati Anda, untuk meyakinkan pikiran dan energi sukses Anda, dalam mewujudkan yang Anda inginkan.

Pada saat Anda tidak menyimak masalah dengan pikiran jernih, secara rinci, akurat dan benar, maka Anda pasti akan menerima jawaban yang keliru dan tidak tepat sasaran. Tetapi, kalau Anda mampu menyimak realitas kehidupan dengan cara mendengar, melihat, merasa, berpikir, berempati, serta menghubungkannya ke dalam perasaan dan kecerdasan mental Anda; maka Anda akan menjadi pribadi yang berintegritas tinggi untuk melayani kehidupan Anda dan orang lain.

Pahami semua tantangan dan risiko sebelum mengeluarkan pendapat. Pahami semua hal dari berbagai dimensi kehidupan sebelum membuat keputusan. Pahami bahwa semua yang Anda lakukan dan kerjakan telah memiliki jawabannya sendiri untuk hasil akhir terbaik. Jadi, pastikan Anda telah menyimak semua hal dengan sebaik mungkin, lalu memfokuskan semua energi dan pengetahuan Anda untuk menemukan kualitas terbaik dari apa yang Anda lakukan.

Saat Anda menjadi cerdas dalam menyimak kehidupan, maka potensi diri Anda akan berkembang menjadi lebih berkualitas. Dan, Anda akan menjadi pribadi cerdas yang kaya dengan pengetahuan dan wawasan yang luar biasa. Anda juga akan menjalani kehidupan yang lebih tenang dalam intensitas kesabaran diri yang tinggi. Sebab, setiap ingin melakukan apapun, Anda memulainya dengan pikiran bahwa telah tersedia solusi dan jawaban untuk hal yang Anda lakukan.

Kekayaan pengetahuan dan wawasan Anda tersebut akan menjadi pelita terang yang menuntun Anda untuk menghindari pikiran dan perasaan negatif. Dan juga akan menuntun Anda untuk menjadi orang bijak dan cerdas. Anda akan menjadi pribadi yang selalu terbuka dengan ide-ide besar; yang selalu mengerti tentang orang lain; yang selalu hidup dengan persepsi positif; dan yang selalu siap untuk mendapatkan kenyamanan, keamanan, kemudahan, dan kebahagian hidup dari perilaku dan cara berpikir Anda.

Hidup selalu terkendali dalam keseimbangan bersama jawaban dan solusi. Dan setiap hal yang dapat Anda pikirkan dengan imajinasi kreatif Anda, akan mendapatkan reaksi alami untuk dapat Anda wujudkan. Semua persoalan dalam hidup memiliki jawabannya sendiri, apakah itu persoalan yang bersumber dari dalam diri Anda, ataupun persoalan yang bersumber dari kehidupan sosial Anda. Pikiran, perasaan, keyakinan, dan sikap Anda adalah pasukan elit yang harus setiap hari Anda latih, untuk siap tempur memenangkan hidup Anda.

Djajendra




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline