Lihat ke Halaman Asli

Diyan Haerani

Mahasiswa dari Bandung.

Mahasiswa KKN UPI Menyosialisasikan Literasi kepada Anak SDN Payung 2

Diperbarui: 24 Agustus 2023   13:41

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Mahasiswa KKN UPI

SDN Payung 2 di Jl. Badak Dua, Desa Payung, Kecamatan Rajagaluh, Kabupaten Majalengka menjadi fokus perhatian kelompok mahasiswa KKN UPI dalam menyosialisasikan pentingnya literasi digital dan literasi baca-tulis pada Hari Selasa (22/08). Kelompok KKN Payung UPI 2023 turun tangan dalam upaya menyadarkan anak-anak sekolah dasar akan pentingnya melek teknologi digital serta melatih keterampilan menulis dan pembiasaan membaca.

Kegiatan ini merupakan satu program kerja (proker) kelompok yang telah dipilih oleh dua mahasiswa anggota dari jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia. Keduanya menyadari bahwa bidang pendidikan di Desa Payung masih sangat memerlukan tenaga bantuan dalam menyalurkan ilmu-ilmu yang selayaknya anak-anak kelas 5 dan 6 sekolah dasar dapatkan. Sosialisasi ini diadakan dengan judul "Sosialisasi Literasi Digital untuk Anak SD" dengan sasaran kelas 6 dan judul "Sosialisasi Literasi Baca-Tulis untuk Anak SD" dengan sasaran kelas 5 SDN Payung 2.

Menurut Program for International Student Assessment (PISA) yang diselenggarakan oleh Organization for Economic Co-operation and Development (OECD), Indonesia menjadi bagian dari 10 negara yang memiliki tingkat literasi rendah pada tahun 2019, tepatnya pada peringkat ke-62 dari 70 negara. Berdasarkan data tersebut, rasa keresahan dan kepedulian mahasiswa kelompok KKN menjadi pemicu terlaksananya sosialisasi ini. Ditambah maraknya sebaran informasi hoax dapat mencemari fakta-fakta yang terjadi di lapangan.

Selain itu, penanggung jawab acara, Diyan dan Ningtyas, juga menjelaskan bahwa tujuan dari diadakannya kegiatan ini adalah untuk membekali anak SD kelas 5 dan 6 SDN Payung 2 dengan pengetahuan tentang pembiasaan sejak dini akan menulis, membaca, dan menyaring informasi yang tersebar, baik dalam bentuk cetak maupun bentuk digital. Dengan membaca, anak-anak dapat menghimpun berbagai pengetahuan dalam dirinya. Dengan menulis, anak-anak dapat "mengunci" ilmu yang didapat serta melatih keterampilan berbahasanya.  Juga dengan menyaring informasi yang didapat, anak-anak secara dini bisa mengendalikan dirinya akan bahaya berita palsu atau hoax.

Antusiasme peserta sosialisasi cukup besar yang dapat dilihat dari aktifnya anak-anak SD kelas 5 dan 6 dalam menanggapi materi yang disampaikan. Meskipun sebagian besar dari mereka baru pertama kali mendengar istilah literasi. Namun, penerimaan akan kehadiran tim pemateri, yakni kelompok KKN Payung UPI 2023, sangat besar dirasakan. Itulah sikap positif dari anak-anak SDN Payung 2, khususnya kelas 5 dan 6.

Tidak hanya penerimaan positif dari anak-anak SD tersebut, pihak guru pun sangat terbuka dan bersyukur dengan kegiatan sosialisasi literasi yang dilakukan oleh kelompok KKN Payung UPI 2023. "Saya berterima kasih sekali akan kedatangan adik-adik mahasiswa UPI yang sudah mau membagikan ilmunya kepada anak-anak SDN Payung 2," ucap Dede Siti Khodijah, Kepala Sekolah SDN Payung 2 (22/08).

Mahasiswa KKN UPI




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline