Lihat ke Halaman Asli

Copywriting Basics

Diperbarui: 9 November 2022   14:04

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

     Rumah BUMN - Pertemuan ke-6 Digital Marketing Program atau DMP Batch 2 di Rumah BUMN Yogyakarta. Pelatihan kali ini, 25 Oktober 2022 akan mempelajari mengenai copywriting. 

     Sama seperti sebelumnya, pelatihan tersebut dihadiri oleh 10 Mitra UMKM yang berasal dari Yogyakarta dan 20 Mahasiswa Ilmu Komunimasi Universitas Aisyiyah Yogyakarta.

     Copywriting adalah tindakan atau suatu pekerjaan menulis teks yang bertujuan untuk periklanan dan bersifat mempersuasi agar orang lain terpikat dengan produk yang ditawarkan.

     Sebelum menulis copywriting yang harus dilakukan adalah memahami pondasi copywriting tersebut, yaitu memahami produk, pembeli, dan pasar. 

     Memahami produk akan memudahkan dalam mempromosikan produk, melalui poin-poin penting yang menonjol dari produk tersebut dapat menarik customer. Memahami pembeli juga akan memudahkan dalam membut konten, mengingat konten yang disukai oleh anak muda berbeda dengan ibu-ibu atau bapak-bapak begitupun sebaliknya. Memahami pasar, juga memudahkan untuk mengerti di moment seperti apakah orang akan membeli produk tersebut dan produk seperti apa yang mereka inginkan. 

     Dalam membuat copywriter juga memiliki Jurus atau cara untuk lebih menarik customer, yaitu dengan menggunakan kata "saking" yang maknanya dilebih-lebihkan keunggulan produk tersebut. cara kedua yaitu dengan membelokkan atau plot twist.

  Formula Copywriting

     1. AIDA

     2. PPPP

     3. BAB

     4. PAS

     5. 4L




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline