Lihat ke Halaman Asli

Manajemen Bisnis

Diperbarui: 6 April 2024   22:55

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Manajemen bisnis adalah rangkaian proses di dalam sebuah kegiatan usaha yang meliputi perencanaan, pengerjaan, hingga pengawasan. Yang bertujuan untuk memaksimalkan hasil atau target yang telah di sepakati oleh perusahaan.

FUNGSI MANAJEMEN BISNIS

1. Perencanaan 

Perencanaan merupakan langkah awal dalam kegiatan bisnis. Untuk membangun bisnis yang menguntungkan, dibutuhkan perencanaan yang matang.

2. Pengelompokan 

Jika perencanaan sudah selesai dibuat, selanjutnya  pengelompokan kerja harus di tentukan. Pengelompokan dibuat untuk menciptakan sinergi dalam pekerjaan.

3. Sumber daya

Sumber daya yang unggul dan tepat guna dibutuhkan untuk mendorong kemajuan sebuah bisnis. Pengaturan sumber daya yang tepat baik itu bahan baku produk, mesin produksi yang digunakan tentu menjadikan kunci suksesnya bisnis.

4. Pengaturan

Dalam sebuah manajemen tentu diperlukan kepemimpinan yang bertanggung jawab serta mampu berkolaborasi dengan para karyawan. Dalam fungsi ini pimpinan sebaiknya turun untuk melihat secara langsung proses kerja timnya, jika perlu berikan pemahaman saat ada pekerjaan yang tidak sesuai dengan rencana.

5. Pengawasan

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline