Lihat ke Halaman Asli

Evaluasi Pelaksanaan Program yang Ada di Sekolah

Diperbarui: 15 November 2018   02:23

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Dalam melaksanakan program bimbingan disekolah terdapat berbagi komponen. Komponen-komponen disini ialah saluran-saluran untuk melayani para siswa, tenaga-tenaga bimbingan kependidikan lainnya, serta orang tua siswa.

Salah satu komponen bimbingan sebagaimana tertuang dalam skema di atas adalah evaluasi program adalah suatu usaha menilai efesiensi dan efektifitas dari layanan bimbingan dan konseling disekolah pada khususnya, dan kegiatan-kegiatan dalam rangka program bimbingan dan konseling yang dikelola oleh staf bimbingan pada umumnya.

Sebagaimana halnya kegiatan-kegiatan pendidikan yang lain disekolah seperti kegiatan belajar-mengajar pada waktu-waktu tertentu harus dievaluasi untuk mengetahui apakah tujuan dari kegiatan itu tercapai. Demikian pula halnya dalam kegiatan-kegiatan bimbingan disekolah secara berkala harus dieavaluasi.

Jadi,  Menurut W.S Winkel (1991: 135), evaluasi program bimbingan adalah mencakup usaha menilai efesiensi dan efektivitas pelayanan bimbingan itu sendiri demi peningkatan mutu program bimbingan. Pelaksanaan evaluasi menuntut diadakan penelitian, dengan mengumpulkan data secara sistematis, mengadakan penafsiran dan merencanakan langkah-langkah perbaikan.

Jadi dengan demikian dapat dikatakan evaluasi pelaksanaan program bimbingan dan konseling merupakan suatu kegiatan yang sangat penting karena berdasarkan hasil evaluasi itulah dapat diambil suatu kesimpulan apakah kegiatan yang telah dilakukan itu dapat dicapai sasaran yang diharapkan secara efektif dan efesien atau tidak, kegiatan perlu diteruskan atau tidak dan sebagainya.

Adapun Kegiatan evaluasi bertujuan mengetahui keterlaksanaan kegiatan dan ketercapaian tujuan dari program yang telah ditetapkan seperti untuk Mengetahui kemajuan program bimbingan dan konseling atau subjek yang telah memanfaatkan layanan bimbingan dan konseling Atau Mengetahui tingkat efesiensi dan efektifitas strategi pelaksanaan program bimbingan dan konseling yang telah dilaksanakan dalam kurun waktu tertentu.

Jadi evaluasi pelaksanaan program di sekolahan ini memiliki banyak macam-macam jenis yang berfungsi untuk Memberikan informasi kepada pihak pimpinan sekolah, guru mata pelajaran, dan orang tua siswa tentang perkembangan sikap dan perilaku, atau tingkat ketercapaian tugas-tugas perkembangan siswa, agar secara bersinergi untuk meningkatkan kualitas pelaksanaan program BK di sekolah.

Adapun Prosedur yang harus dijalankan dalam evaluasi BK yakni

-Fase persiapan

-Fase Persiapan alat

-Fase Pelaksanaan kegiatan

-Fase menganalisis hasil BK

-Fase penafsiran dan pelaporan hasil evaluasi




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline