Lihat ke Halaman Asli

Divya SafiolaMuntazar

Mahasiswa Telkom University

Mengenal 8 Alat Musik Bambu Khas Jawa Barat di Museum Sri Baduga Bandung

Diperbarui: 15 November 2023   06:30

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber gambar: Dokumen Pribadi

Jawa Barat merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang terkenal akan kesenian serta kebudayaannya, salah satunya adalah kesenian alat-alat musik tradisionalnya. Bahkan Jawa Barat memiliki alat musik tradisional yang sudah mendunia yang terdaftar sebagai salah satu warisan budaya oleh UNESCO. 

Kita sebagai warga negara yang cinta tanah air, harus mengetahui dan ikut melestarikan kebudayaan serta warisan dari nenek moyang kita supaya tetap terjaga dan tidak terlupakan seiring perkembangan zaman. 

Salah satu tempat yang dapat kita kunjungi untuk belajar mengenai budaya serta peninggalan Indonesia khususnya pada wilayah Jawa Barat, adalah Museum Sri Baduga. 

Museum Sri Baduga berlokasi di Jalan BKR, tepatnya di seberang Taman Tegalega Kota Bandung merupakan museum yang menyimpan berbagai sejarah maupun artefak peninggalan-peninggalan serta kebudayaan dan warisan khususnya dari Jawa Barat. 

Koleksi pada Museum Sri Baduga memamerkan berbagai macam benda bersejarah dan benda antik yang bernilai seni tinggi. Pada Museum Sri Baduga diperlihatkan berbagai sejarah dari Jawa Barat seperti mata uang, pakaian adat, arsitektur, serta alat musik tradisional. 

Salah satu contoh koleksi benda bersejarah di museum Sri baduga adalah alat-alat musik tradisional bambu khas Jawa Barat, diantaranya adalah: 

1. Angklung Buhun

Angklung merupakan alat musik tradisional asli Indonesia yang berasal dari Jawa barat. Angklung dimainkan dengan cara digetarkan atau digoyangkan sehingga menghasilkan bunyi yang unik dan khas. 

Angklung telah diakui oleh UNESCO sebagai warisan budaya dunia sebagai Marterpiece of Oral and Intangible Heritage humanity sejak November 2010. (Herdianti, S., Respati, R., & Ganda, N., 2021). Angklung Buhun merupakan kesenian angklung dari Kabupaten lebak-Banten. 

Angklung Buhun Terbuat dari beberapa bilah bambu berongga yang disusun dengan berbagai ukuran untuk menghasilkan berbagai tingkatan nada yang bervariasi. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline