Lihat ke Halaman Asli

Divo Mi raj Al Azis

Mahasiswa MPI 21 UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

Pondok Pesantren Mahasiswa Hidayatul Mubtadi-ien As 'Adiyah (HMA) Malang, Mengadakan Pesantren Ramadhan (Pengajian Kilatan)

Diperbarui: 23 Maret 2023   10:57

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Suasana mengaji di PPM HMA Malang (Dok. pribadi)

Pada hari Jum'at, 17 Maret 2023 Masehi bertepatan pada tanggal 25 Sya'ban 1444 Hijriyyah, Pondok Pesantren Mahasiswa Hidayatul Mubtadi-ien As 'Adiyah (HMA) Malang, Jawa Timur mengadakan pembukaan kegiatan pesantren ramadhan (pengajian kilatan) di komplek Pondok Pesantren HMA. kegiatan ini akan berlangsung selama 22 hari yang dimulai pada 25 Sya'ban dan insya Alloh akan berakhir pada 17 Ramadhan 1444 H.

kegiatan ini menjadi kegiatan rutin yang  dilaksanakan oleh pondok Pesantren Mahasiswa HMA setiap bulan suci Ramadhan, dimana kegiatan ini tak lain bertujuan untuk terus meningkatkan kualitas iman dan taqwa kepada Alloh SWT serta membahagiakan Nabi Besar Sayyidina Wa Maulana Muhammad Shollallohu 'Alaih Wasalam, dan menjadi eksisntensi keberadaan Pondok Pesantren Mahasiswa di tengah-tengah masyarakat dan tantangan zaman yang begitu kompleks.

suasana mengaji di PPM HMA Malang (Dok. pribadi)

kegiatan pesantren ramadhan tahun ini, pondok pesantren mahasiswa HMA mengadakan ta'lim beberapa kitab, diantaranya:

1. Ayyuhal Walad (Tasawuf)

2. Mukhtasor Shohih Bukhori (Hadits)

3. Matnul Ghoyah Wat Taqrib (Fiqih)

4. Fathul Izar (Fiqih Nikah)

ustad Rizky Muhammad F (Pengasuh Pondok Pesantren Mahasiswa HMA Putra&Putri) menyampaikan pada saat memulai pengajian bahwa di akhir pengajian akan di Ijazahkan semua sanad kitab yang dikaji dan 22 sanad kitab lainnya. Alhamdulillah pada kegiatan ini di ikuti oleh seluruh santri Pondok Pesantren HMA yang berjumlah 23 Mahasantri dan pihak external yang berjumlah 18 orang. 

dengan adanya kegiatan pesantren ramadhan ini, mudah-mudahan menjadi jalan untuk mendekatkan diri kepada Alloh SWT di bulan yang suci ini, bulan yang penuh ampunan, yakni bulan suci ramadhan, serta menjadi bukti eksistensi peran pondok pesantren mahasiswa di tengah-tengah masyarakat dan perkembangan zaman yang begitu kompleks.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline