Lihat ke Halaman Asli

9 Cara Mencegah Virus Corona di Tempat Kerja

Diperbarui: 24 Maret 2020   14:11

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber foto : Unsplash.comSumber foto : Unsplash.com

Antisipasi penyebaran virus COVID-19 (corona) betul-betul perlu dilakukan dan dapat kamu mulai dengan lingkungan terdekat seperti tempat kerja. Beberapa perusahaan telah memutuskan untuk melakukan Work From Home (WFH) untuk mencegah penyebaran virus COVID-19. Namun, beberapa perusahaan tetap beroperasi dengan beragam alasan yang mendesak. Jadi, untuk kamu yang tidak WFH, perlu banget mengetahui 9 cara pencegahan virus corona berikut ini!

1. Cuci Tangan Secara Teratur

Sumber foto : Unsplash.com

Rajin cuci tangan adalah cara mencegah corona yang harus kamu terapkan. Cucilah tangan dengan air mengalir dan sabun, selama 20 detik. Pastikan kamu mencuci tangan hingga bersih, termasuk punggung tangan, pergelangan tangan, sela-sela jari, dan kuku. Tahukah kamu bahwa mencuci tangan dapat mencegah corona lebih efektif dibandingkan hand sanitizer. Hal ini dikarenakan hand sanitizer memiliki kandungan anti bakteri, namun corona berupa virus. 

2. Hindari Menyentuh Mata, Hidung dan Mulut

Sumber foto : Unsplash.com

Jangan menyentuh mata, mulut dan hidung jika belum mencuci tangan. Mengapa demikian? Ingat, penularan virus corona bisa terjadi ketika tangan menyentuh barang yang terkontaminasi virus, dan kemudian menyentuh mata atau wajah. Inang virus tertinggal pada benda dan tidak menetap dalam waktu lama. Jadi, jangan menyentuh 3 bagian tubuh ini dengan tangan yang kotor karena dikhawatirkan penyebaran virus corona dapat terjadi.

3. Selalu Bawa Tisu dan Masker

Sumber foto : Unsplash.com

Jika sedang batuk, jangan lupa tutup mulut dengan tisu. Lalu segerakan buang tisu ke tempat sampah. Memang, kamu tidak perlu berlomba-lomba menyetok tisu hingga orang lain yang membutuhkan lainnya tidak kebagian. Jangan sampai menerapkan sifat seperti itu, ya! Tetaplah saling mendukung dan menjaga satu sama lain dalam menghadapi virus corona. Kamu hanya perlu siapkan tisu seperlunya saja dan pastikan selalu membawanya kemana-mana sebagai bentuk antisipasi.

4. Rajin Minum Air Putih

Sumber foto : We Heart It

Seorang ahli penyakit menular di Vanderbilt University, Dokter William Schaffner, menyatakan bahwa orang sakit maupun sehat memang harus menjaga asupan cairan tubuh dan menjaga selaput lendirnya tetap lembab.

Dengan banyak minum air putih, maka selaput lendir akan terhidrasi dengan baik. Selaput lendir yang lembab dan tipis harus selalu terhidrasi agar bekerja secara efisien sehingga dapat mengurangi risiko tertular infeksi virus.Kamu dianjurkan untuk minum air putih minimal 2,5 liter per hari ya! 

Jika kondisi badanmu sedang tidak fit, konsumsi banyak air putih akan membantu tubuh untuk memerangi virus corona. Apalagi jika kamu mengalami flu, konsumsi air putih harus ditambah.

5. Tingkatkan Kesadaran Akan Corona di Tempat Kerja

Sumber foto : Unsplash.com

Menanggapi virus corona lebih lanjut, apa saja gejala yang perlu diwaspadai? Secara garis besar, gejala corona mirip dengan gejala flu seperti hidung berair, demam tinggi, sakit tenggorokan, sakit kepala diikuti dengan infeksi pernapasan berat serta nyeri dada. Ada 3 gejala umum yang harus kamu waspadai dari virus corona ini yaitu demam, batuk dan sesak nafas. Kalau gejala-gejala tersebut sekiranya sudah berlangsung cukup lama, ada baiknya untuk segera memeriksakan diri ke dokter, ya. 

6. Hindari Urusan Bisnis di Negara-Negara Terjangkit

Sumber foto : Unsplash.com

Ada baiknya untuk tidak bepergian ke China atau negara-negara lain yang sudah dikonfirmasi terpapar virus corona. WHO menyarankan agar tidak keluar negeri atau melakukan traveling sementara waktu, termasuk urusan kerja. Jangan melakukan perjalanan ke negara-negara yang terkena dampak virus corona. 

Saat ini penyebaran telah mencapai lebih dari 70 negara. Kalau sampai harus terpaksa memberangkatkan seseorang karena urusan kerja, pastikan orang yang pergi dalam keadaan sehat dan pastikan sudah mengecek negara yang terdampak corona.

7. Istirahat yang Cukup

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline