Lihat ke Halaman Asli

Diva Syafa

Tutor Qanda

Mengenal Lamang Tapai, Makanan Tradisional...

Diperbarui: 13 Juli 2023   10:35

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

https://instagram.com/perantau.minang

Bagi masyarakat Tanah Datar, pasti tidak asing lagi dengan makanan tradisional satu ini. Lamang Tapai adalah makanan tradional masyarakat Tanah Datar yang dibuat dari beras ketan putih dan tape hitam. Rasanya tak diragukan lagi, enak dan menggugah selera saat berada di mulut. Makanan tradisional Tanah Datar ini berasal dari Limo Kaum, Kabupaten Tanah Datar. Setiap pergi ke Limo Kaum dan Kota Batusangkar, makanan yang wajib dibeli adalah Lamang Tapai. Mengapa? Karena rasanya sangat enak dan lamang atau makanan yang terbuat dari beras ketan itu lembut dan gurih di mulut. Ditambah lagi tapai atau tape hitam yang menambah nikmat makanan tradisional satu ini dilengkapi kuah yang sangat enak.

Lamang Tapai bisa ditemukan di pasar tradisional Batusangkar atau di kedai-kedai Limo Kaum yang menjual Lamang Tapai ini. Tidak bisa dipungkiri jika masyarakat Tanah Datar sangat menyukai makanan tradisional ini. Selain rasanya yang lezat, masyarakat Tanah Datar ingin melestarikan makanan ini di era modern saat ini. Zaman sekarang jika ingin melestarikan makanan tradisionsl, caranya dengan ikut membeli makanan tersebut sehingga anak muda zaman sekarang ingat akan budaya masyarakat untuk melestarikannya.

Bagi perantau Minang yang berada diluar kota atau luar provinsi pasti sangat merindukan makanan Lamang Tapai ini karena disana sedikit yang menjualnya atau bahkan tidak orang yang menjual sama sekali. Makanya, perantau Minang yang berasal dari Tansh Datar jika pulang ke kampung halamannya, perantau tersebut pasti akan merindukan makanan tradisional ini. 

Bagi wisatawan yang berkunjung ke Tanah Datar, jangan lupa singgah ke pasar Batusangkar untuk membeli Lamang Tapai. Untuk rasanya jangan khawatir, karena yang membuat adalah orang yang ahli atau biasa membuat makanan yang satu ini. Lidah foodies akan dimanjakan dengan lezatnya makanan ini.

Itulah sedikit ulasan "Mengenal Lamang Tapai, Makanan Tradisional Tanah Datar"! Tertarik untuk mencobanya? Silakan, karena saat ini banyak yang menjual Lamang Tapai yang tersebar diseluruh pasar yang ada di Tanah Datar.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline