Lihat ke Halaman Asli

Diva Syafa

Tutor Qanda

Fakta tentang Minyak Kayu Putih, Hilangkan Jerawat?

Diperbarui: 12 Juli 2023   11:19

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

https://instagram.com/keluarga_caplang

Minyak kayu putih sejak dulunya memang bermanfaat bagi semua orang. Dari bayi hingga lansia pasti pernah memakai minyak kayu putih saat flu menyerang, sakit perut, dan terkena gigitan nyamuk. Minyak kayu putih selalu dibawa kemana-mana bagi yang beraktivitas diluar seharian. Ukurannya yang mini membuat minyak kayu putih bisa dibawa kemana saja. Namun, saat ini banyak orang yang mengatakan ada kegunaan lain dari kayu putih, yaitu menghilangkan jerawat.

Apa benar minyak kayu putih bisa menghilangkan jerawat? Jika ia, apa zat yang terkandung didalamnya? Jika tidak, apa ini hanya hoax semata? Tanpa berlama-lama lagi, yuk, simak, "Fakta tentang Minyak Kayu Putih, Hilangkan Jerawat"?

Pada dasarnya minyak kayu digunakan kebanyakan orang untuk mengobati sakit perut dengan cara diolesi minyak tersebut ke perut orang yang sakit perut. Kegunaannya yang lain, yaitu meredakan flu dengan cara diolesi minyak kayu putih diarea hidung bagian hidung bagian luar dan jika hidung tersumbat bisa dengan menghirup aroma minyak kayu putih tersebut. Kegunaan lainnya, yaitu mengurangi gatal saat digigit nyamuk, oleskan minyak kayu putih ke area yang digigit nyamuk dan jangan digaruk. 

Saat ini banyak orang mengatakan jika ada kegunaan lain dari minyak kayu putih, yaitu menghilangkan jerawat. Apa iya? Tidak. Kenapa? Karena tidak ada zat yang bisa memudarkan dan menghilangkan jerawat sehingga dapat dipastikan hoax jika minyak kayu putih bisa menghilangkan jerawat. Sampai saat ini belum ada bukti ilmiah jika minyak kayu putih bisa menghilangkan jerawat. Apalagi jika kulit beauties berminyak dan sensitif sehingga rentan timbul ruam dan jerawat jika tidak mengandung zat untuk menghilangkan jerawat. Sebaiknya, jika beauties ingin menghilangkan jerawat bisa secara alami dengan memakai masker air beras, masker putih telur, dan lain sebagainya. Jika tidak ampuh, maka bisa konsultasi kepada dokter yang ahli dalam masalah kulit. Jangan sampai kulit beauties menjadi jerawatan hanya karena menggunakan minyak kayu putih.

Itulah"Fakta tentang Minyak Kayu Putih, Hilangkan Jerawat"? Jangan mencoba-coba untuk sesuatu yang belum terbukti kebenarannya. Sebaiknya, konsultasikan segera kepada dokter yang ahli dalam masalah kulit jika jerawat beauties semakin parah!




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline