Lihat ke Halaman Asli

Diva Hanifa H

UIN Sunan Kalijaga

Pakaian Trendy Penyumbang Limbah Tekstil

Diperbarui: 11 Juni 2023   19:02

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

sumber: h&m

Tak bisa dipungkiri, menggunakan pakaian yang elok membuat kita terlihat jadi lebih menarik dan menambah kepercayaan diri. Menggunakan outfit kece sangat mengubah penampilan diri. Maka dari itu, banyak sekali orang-orang yang membeli banyak pakaian agar dapat melakukan mix and match pakaian sehingga penampilan mereka selalu menawan.

Berpakaian cantik yang menambah keindahan diri rupanya memiliki efek negatif yang memperburuk lingkungan. Jika kita sering mendengar penyumbang dari kerusakan lingkungan adalah limbah plastik yang menggunung, ternyata kita juga harus was-was dengan limbah tekstil yang tidak kalah mengintimidasi.

Limbah tekstil yang ada di Indonesia cukup memprihatinkan. Tercatat sebanyak 66% masyarakat dewasa di Indonesia sedikitnya membuang satu pakaian mereka sedangkan sisanya membuat lebih dari 10 pakaian mereka dalam kurun waktu setahun. Bahkan komunitas Zero Waste Indonesia mengatakan bahwa 80% dari total sampah yang dikumpulkan merupakan limbah tekstil. Hal ini tentu menjadi permasalahan penting yang apabila dibiarkan akan semakin memburuk. Terlebih lagi fakta bahwa 41% millennial di Indonesia merupakan konsumen produk fast fashion terbesar.

Fast fashion memberikan pilihan baju-baju trendy dengan harga yang tergolong murah sehingga masyarakat masih banyak membeli melalui industri ini. Harga yang murah juga membuat masyarakat jadi tidak terlalu keberatan jika harus membuang baju mereka. Mereka dapat membeli lagi dengan harga terjangkau melalui toko baju fast fashion.

Gaya hidup konsumtif ini mendorong parahnya limbah tekstil di Indonesia. Naasnya, dari 33 juta ton pakaian yang diproduksi setiap tahunnya, hampir satu juta ton tekstil terbuang di lingkungan. Namun gaya hidup konsumtif membuat masyarakat menutup mata akan terbuangnya pakaian-pakaian ini ke lingkungan yang mencemari sekitar.

Meskipun limbah tekstil sudah menggunung, bukannya tidak bisa kita mencegah semakin banyaknya limbah tekstil yang dibuang ke lingkungan. Banyak cara dapat kita lakukan untuk mengurangi angka limbah tekstil terutama di Indonesia.

1. Bijak dalam membeli pakaian 

Pakaian cantik yang ditawari dengan harga terjangkau sedang marak terjadi. Pakaian-pakaian tersebut mengikuti tren yang ada namun harga yang dibandrol sangatlah murah. Biasanya pakaian ini memiliki kualitas yang buruk sehingga kadang tak butuh waktu lama untuk kita merasa pakaian ini kurang bagus untuk dipakai lagi. Hal ini dapat berujung ke kita membuang pakaian kita dalam kurun waktu yang terhitung sebentar. Apalagi kita membeli pakaian ini dengan harga murah sehingga kita tidak memiliki rasa 'sayang' akan pakaian itu.

2. Membeli pakaian bekas

Membeli barang second dapat menjadi opsi untuk membeli baju bagus yang tidak memperparah limbah tekstil. Barang bekas sekarang banyak disebut preloved atau thrifting. Baju bekas tidak serta merta memiliki kualitas yang buruk. Banyak sekali barang preloved yang memiliki kualitas sangat baik.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline