Lihat ke Halaman Asli

Tol Kahyangan Melewati Sawah Menembus Kabut

Diperbarui: 5 Januari 2023   10:24

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dok. pribadi

Pesona wisata alam di Magelang tak kalah menarik, seperti destinasi wisata Tol Kahyangan ini yang berada di wilayah Dusun Sudodadi, Desa Wonolelo, Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Indonesia. Untuk sampai kesini memerlukan waktu sekitar satu jam dari Kota Magelang. Lokasinya masih sejalur dengan wisata lain seperti wisata Air Terjun Kedung Kayang dan Ketep Pass sehingga bisa sekalian rekreasi ke tempat tersebut. Harga tiket masuk ke wisata ini terjangkau murah dimana perorang hanya membayar Rp 14.000 dan sudah termasuk harga parkir motor. Fasilitas tempat parkir disana juga sangat memadai dan luas. Setiap akhir pekan selalu ramai wisatawan.

Dalam perjalanan menuju ke Tol Kahyangan akan dimanjakan oleh pemandangan perkebunan sayur dan sawah yang dapat memanjakan mata dengan keasrian nya. Suasana dingin dan angin yang lumayan kencang jika cuaca cerah membuat pengunjung disarankan untuk memakai jaket. Bagi wisatawan pengendara motor perlu adanya pengecekan mesin dan service motor sebelum berkunjung ke destinasi Tol Kahyangan dikarenakan akses jalan yang ditempuh relatif menanjak untuk meminimalisir resiko. Namun lokasi ini sangat mudah ditemukan melalui Google Maps.

Jalanan yang dicor sepanjang 3 km seperti halnya jalan bebas hambatan, letaknya yang melewati sawah di Lereng Gunung Merbabu dan mengarah ke atas bukit akan terlihat seperti menuju ke Kahyangan terlebih jika berkunjung saat waktu turun kabut yakni di pagi hari serta di sore hari akan nampak seperti menembus kabut. Walaupun dinamakan Tol Kahyangan, namun lebar jalannya tidak seluas tol pada umumnya, karena hanya cukup untuk jalur satu mobil. Dan dikarenakan jalan tempuh menuju tol kahyangan sendiri hanya ada satu jalur utama, bagi pengunjung yang memakai mobil dari arah atas dan yang akan naik akan di kondisikan untuk bergiliran. Jalan yang dilewati ini juga melewati pedesaan karena pada awalnya jalan ini menghubungkan antara dua dusun yaitu Dusun Wonodadi dan Dusun Suwanting.

Wisata Tol Kahyangan ini menyajikan pesona Gunuung Merapi di sebelah Tenggara dan Gunung Merbabu di sebelah Timur Laut. Wisatawan dapat menikmati suasana sambil ngopi santai atau ngemil di warung yang tersedia di sana. Tak hanya warung kecil, tersedia juga cafe yang juga menyajikan penampilan live musik. Pengunjung dimanjakan dengan fasilitas untuk berswafoto dengan adanya gerbang yang seperti benteng yang terbuat dari batu serta ada objek Pegasus dan istana seperti kastil dimana terlihat layaknya negeri di kahyangan. Fasilitas seperti mushola, toilet juga terjaga dengan baik dan bersih.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline