Teori Modernisasi: Kajian Aplikasi Ruangguru Sebagai Wujud Era Modernisasi Dalam Pendidikan
Oleh :
Divani Amelia Susanto
Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang
Program Studi Sosiologi
Latar Belakang
Modernisasi adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan proses transformasi masyarakat tradisional atau pra-modern menjadi masyarakat modern. Modernisasi biasanya ditandai dengan adopsi teknologi baru, perluasan pendidikan dan individualism, serta pertumbuhan ekonomi berdasarkan industri dan perdagangan.
Teori modernisasi diciptakan oleh tokoh-tokoh intelektual yang berkembang pada pertengahan abad 20 yang berlatar belakang dari adanya kehidupan pada negara barat terutama Eropa, seperti Negara Inggris yang melakukan perkembangan industri besar-besaran. Hal ini berkaitan dengan kehidupan saat ini yang semakin berkembang pesat menjadikan sebuah teknologi yang juga semakin canggih, sehingga perubahan itu terlihat nyata.
Salah satu bentuk modernisasi terlihat dalam dunia pendidikan. Proses pembelajaran tidak lagi dimonopoli oleh kehadiran guru di dalam kelas, siswa dapat belajar kapanpun dan dimanapun. Siswa dapat mempelajari apa saja sesuai dengan minat dan gaya belajar mereka masing-masing. Dengan teknologi ini, banyak siswa lebih memilih menggunakan media belajar online untuk lebih memahami pembelajaran.
Banyak Institusi pendidikan di Indonesia yang sudah menggunakan media digital untuk mendukung pembelajaran, salah satunya platform digital Ruangguru. Aplikasi Ruangguru sering digunakan oleh banyak pelajar Indonesia dengan fasilitas yang lengkap dan mudah karena selain dapat digunakan sebagai fasilitas belajar digital online, pembelajaran juga dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja. Ruangguru memudahkan siswa untuk mengakses ribuan video materi pembelajaran, pembahasan, serta latihan soal dari beragam mata pelajaran.
Manfaat Penulisan
Manfaat penulisan artikel ini adalah memberikan pengetahuan,wawasan, serta informasi tentang teori modernisasi yang berkaitan dengan adanya modernisasi di dalam dunia pendidikan dengan memanfaatkan teknologi sehingga memudahkan guru dan para siswa di Indonesia mampu belajar dengan cara baru yang lebih menyenangkan
Metodologi
Penulisan artikel ini menggunakan jenis metode kualitatif yang bertujuan untuk mengkaji deskripsi mengenai teori modernisasi adanya media Ruangguru untuk mendukung pembelajaran siswa di Indonesia dan mendeskripsikan Aplikasi Ruangguru beserta fitur-fitur yang ada di dalamnya. Penggunaan metode kualitatif ini dikarenakan memiliki asumsi asumsi pengumpulan, analisis, serta mengandalkan teks dan gambar