Arti dan tujuan personal branding
Didalam buku Farco Siswiyanto Raharjo The Master Book of Personal Branding mengartikan sebuah personal branding yaitu cara seseorang mengambil penilaian atas diri individu tersebut. Dasarnya siapapun itu membutuhkan branding, seperti pengusaha, penulis, influencer, mahasiswa dan bahkan gamer (Rahayuningsih, 2021)
Dalam Jurnal Strategi Membangun Personal Branding Dalam Meningkatkan Perfomance Diri (2018), menyebutkan empat tujuan penting dari personal branding, yakni : pertama, sebagai media untuk memengaruhi orang lain mengenai persepsi diri individu. Kedua, memberi tahu orang lain tentang identitas, keunikan, kemampuan. Ketiga, untuk menampilkan kesan individu jika merupakan solusi pemecahan masalah yang dibutuhkan. Keempat, merangsang persepsi orang lain mengenai nilai serta kualitas diri yang dimilikinya. (Setiawan, 2018)
Media dan live streaming
Dibukunya Stuart Hall yang berjudul The Rediscovery of Ideology : Return of the Represed in Media Studies, beliau menyatakan, bahwa makna itu tidak tergantung pada struktur makna itu sendiri tapi lebih kepada sebuah praktik pemaknaan. Salah satu media yang paling banyak diakses oleh masyarakat saat ini adalah Youtube. (Rohman & Husna, 2017)
Media Youtube merupakan sebuah situs web video populer di mana para pengguna dapat memuat, menonton secara gratis. Umumnya video-video di Youtube adalah klip video, film, TV serta buatan para penggunanya sendiri (Rifa'i, 2020) Youtube mempunyai kemampuan yang sangat hebat salah satunya Youtube menyediakan fitur Live streaming . Youtube Live menjadi mudah bagi kreator untuk melakukan pendekatan dan menjangkau komunitasnya secara real time. Tujuannya adalah untuk meningkatkan brand yang dimiliki oleh sang konten kreator dan dapat berinteraksi dengan para penggemarnya saat streaming berlangsung.
Sang konten kreator channel Top Global Miya
Pradana Panjaitan atau yang lebih akrab disebut Bang Pascol telah menyukai kegemarannya bermain Mobile Legends Bang Bang (MLBB) sejak pandemi COVID-19 2020. Pascol menjadi ketagihan untuk memainkannya lagi. Namun siapa yang menyangka, Youtuber yang berasal dari Sumatera Utara yang sekarang dikenal banyak orang karna tingkah lucunya saat Youtube live, dulunya merupakan seorang kuli bangunan sampai bermutasi kerja ke luar negeri.
Pada pandemi COVID-19, Pascol tidak bisa bekerja lagi karena pemerintah mengadakan lockdown. Saat itu, Pascol butuh uang untuk menghidupi keluarganya di Pematangsiantar, Sumatera Utara. Pascol yang awalnya hanya iseng mulai melakukan live streaming di Youtube. Pascol juga tidak terinspirasi dari siapapun dalam membangun karirnya ini.
Seiring berjalannya waktu, nama Pascol mulai dikenal banyak orang, hingga akhirnya ia pun direkrut oleh GPX tim esports sekaligus perusahaan talent management dan entertainment. Pendirinya adalah mantan pro player di kompetisi Mobile Legends Professional League (MPL), diantaranya : Oura, Donkey, dan Marsha. Pascol ditunjuk menjadi talent dan streamer. Bersama GPX, karir Pascol diprediksi akan semakin meningkat karena ditemani beberapa nama senior.
Bentuk personal branding seorang Pascol Top Global Miya