Lihat ke Halaman Asli

Apa Saja Manfaat dan Tujuan Manajemen Keuangan dalam Sebuah Perusahaan

Diperbarui: 2 Januari 2022   19:03

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Seperti yang kita ketahui bahwa: Manajemen keuangan merupakan bagian dari manajemen untuk kelengkapan baik itu. Pada semua perusahaan juga pasti membutuhkan sebuah modal atau dana untuk keperluan setiap harinya ataupun untuk meningkatkan perusahaannya. 

Sepanjang perusahaan tersebut mempunyai ketersediaan uang kas yang mencukupi maka manajamen pasti mencari modal dana dan bagaimana mendapatkan dana (raising of fund).

Menurut Bambang Riyanto “Manajemen keuangan yaitu keseluruhan aktivitas perusahaan yang berhubungan dengan usaha mendapatkan dana yang diperlukan dengan biaya yang minimal dan syarat-syarat yang paling menguntungkan dana tersebut se-efesien mungkin”.

Konsep Keuangan

Untuk mencukupi keperluan modal maka manager harus memilih keputusan yang baik dengan mengetahui keinginan yang dicapai oleh perusahaan. Normatif tersebut bertujuan agar pengambilan keputusan keuangan di sebuah perusahaan yaitu dengan mengembangkan potensi perusahaan. Dengan cara perusahaan itu dapat menggunakan jasa lembaga keuangan. 

Sebagai lembaga keuangan mengamati permasalahaan biaya dan jangka waktunya agar efisien di perusahaan tercapai. Lebih lanjut pasar finansial dan lembaga keuangan yang berada di Indonesia sebagai agen dana yang dipilih perusahaan seperti:

- Pasar Finansial yaitu gabungan dari permintaan dan penawaran terhadap asset-aset finansial dengan selembar kertas yang berisi nilai. Karena memberikan klaim kepada pemiliknya atas dasar pendapatan atau asset yang dimiliki oleh pihak yang menerbitkannya. Asset finansial berupa seperti: saham, obligasi, kontrak futures, opsi dan lain-lain.

- Bank atau perbankan adalah lembaga usaha yang menghimpun uang dari masyarakat dalam bentuk simpanan lalu menyalurkannya kembali kepada masyarakat yang berupa kredit atau lannya agar taraf hidup masyarakat meningkat. Seperti Bank otoritas moneter (Bank Indonesia/Bank Sentral), Bank Umum dan Bank Perkreditan Rakyat.

- LembagaPembiayaan yaitu lembaga yang menghubungkan keuangan dengan memberi pinjaman kepada setiap individu maupun pembisnis. Lembaga ini tidak menerima simpanan tetapi untuk pembiayaan hutang yang jangka pendek maupun jangka panjang. Seperti perusahaan sewa guna, perusahaan anjak piutang, dan pegadaian.

Tanggung jawab untuk manajamen kas di sebuah perusahaan merupakan tanggung jawab manajemen keuangan. Manajemen yang bagus dan baik mengarah kepada pencapaian tujuan perusahaan atau organisasi, sebaliknya juga jika kurang baiknya manajemen keuangan menimbulkan terganggunya operasi perusahaan secara menyeluruh dan pada akhirnya jauh dari pencapaian tujuan perusahaan.

Prinsip-Prinsip Dari Manajemen Keuangan. Manajemen keuangan itu tidak hanya untuk mencatat keuangan/akutansi. Yang paling penting dari manajemen program yang tidak boleh memaandang suatu aktivitas yang menjadi bagian dari pekerjaan orang keuangan.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline