Lihat ke Halaman Asli

Diva Anindia

Mahasiswi Akademi Televisi Indonesia

Guru Berkualitas Menghasilkan Generasi Emas

Diperbarui: 7 Oktober 2021   15:08

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Guru merupakan salah satu komponen dalam sistem pendidikan nasional mempunyai peran utama dalam pencapaian tujuan pendidikan nasional. Itu semua dikarenakan sosok gurulah yang bersinggungan secara langsung dengan objek pendidikan yaitu para peserta didik dan segala komponen-komponen pendukung kegiatan pembelajarannya. 

Di era digital saat ini banyak platform belajar online yang menfasilitasi dengan adanya guru yang berkualitas. Pengajaran yang menarik dan membuat peserta didik senang dalam mengikuti pembelajaran. 

Materi yang lengkap serta metode pembelajaran interaktif. Sehingga siswa bisa langsung berinteraksi dengan guru. Yang mana peserta didik bisa beropini mengeluarkan pendapat dan aktif bertanya. Karena guru di platform belajar online juga dibekali ilmu yang mumpuni. Guru yang berkualitas akan menghasilkan generasi emas bagi masa depan.

Untuk dapat mewujudkan lahirnya generasi emas, maka guru harus berkualitas. Oleh karena itu, guru setidaknya harus memiliki empat kompetensi, agar dapat mengembangkan potensi peserta didik, selain itu, guru juga harus bias mengintegrasikan tiga kecerdasan yaitu, intelektual, emosional, dan spiritual. 

Sehingga apa yang menjadi cita-cita bangsa yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa dapat terwujud, dan kedepannya Indonesia negara tercinta ini dapat memiliki sumber daya manusia yang berkualitas yang memiliki daya saing yang dapat membawa kemajuan positif, serta mampu menjadikan bangsa Indonesia menjadi panutan dan pusat ilmu pengetahuan dunia. 

Dan itu semua bisa teman teman dapatkan di berbagai platform belajar online. Karena tak ada lagi kata tidak bisa karena semua pasti bisa #JadiPintar.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline