Etika dan ahlak merupakan dasar dan investasi jangka panjang dalam membangun bisnis. Bisnis yang berkelanjutan adalah bisnis yang tidak hanya memikirkan keuntungan finansial saat ini, tetapi untuk generasi mendatang juga. Karena itu, dalam berbisnis sangat penting memiliki peran etika dan ahlak yang baik. Berikut peran penting etika dan ahlak dalam berbisnis:
1. Membangun kepercayaan
Etika bisnis yang baik dengan memberikan jaminan kualitas produk atau jasa, dan pelayanan yang baik kepada klien. Selain itu, membangun kepercayaan dengan karyawan, investor, dan masyarakat sekitar juga meningkatkan hubungan yang saling menguntungkan.Kepercayaan terbentuk ketika perusahaan secara konsisten menjalankan apa yang dijanjikan. Etika dan akhlak menuntut perusahaan untuk selalu mematuhi janji yang mereka buat, baik kepada konsumen, mitra bisnis, atau karyawan. Dengan memberikan kualitas produk atau layanan yang sesuai dengan klaim, serta memenuhi tanggung jawab sosial dan lingkungan secara konsisten, perusahaan membangun kepercayaan yang kuat.
2. Meningkatkan reputasi
Memiliki citra positif di mata publik akan menarik lebih banyak pelanggan dan menjadikan talenta terbaik dalam berbisnis., dan tidak lupa untuk mencegah krisis reputasi akibat tindakan yang tidak etis. Investor cenderung mendukung perusahaan yang beroperasi dengan tanggung jawab sosial dan lingkungan. Reputasi yang baik dalam hal etika bisnis dapat menarik minat investor yang mencari perusahaan dengan model bisnis yang berkelanjutan dan berintegritas tinggi. Ini juga meningkatkan peluang akses terhadap pendanaan yang lebih luas.
3. Mendorong pertumbuhan berkelanjutan
Dalam berbisnis,kita harus lebih inovatif dalam mencari solusi yang berkelanjutan dan tahan terhadap perubahan dan tantangan yang terjadi. Misalnya, dengan menciptakan produk baru yang lebih ramah lingkungan dan mengurangi jejak karbon yang dapat menyebabkan banyaknya dampak negatif terhadap lingkungan di kehidupan sehari-hari.Bisnis berkelanjutan yang beretika cenderung membangun kemitraan dengan organisasi lain yang memiliki nilai serupa. Kolaborasi ini dapat menciptakan peluang baru dan memperkuat posisi perusahaan di pasar. Misalnya, kolaborasi antara perusahaan dan lembaga non-pemerintah dapat mengarah pada proyek sosial yang bermanfaat bagi masyarakat
4. Tanggung jawab sosial masyarakat
Perusahaan yang memiliki etika akan turut ikut serta dalam mensejahterakan masyarakat di sekitarnya. Sehingga masyarakat pun akan memberikan hubungan timbal balik pada perusahaan untuk terus beroperasi.Bisnis berkelanjutan yang berlandaskan etika dan akhlak harus berperan dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Ini dapat diwujudkan melalui pemberdayaan komunitas, menciptakan lapangan kerja yang adil, menyediakan upah layak, serta memastikan lingkungan kerja yang aman dan sehat. Tanggung jawab sosial ini juga meliputi memberikan kontribusi kepada masyarakat melalui kegiatan amal atau program tanggung jawab sosial perusahaan (CSR).
5. Mempertahankan karyawan berkualitas
Perusahaan harus menciptakan lingkungan kerja yang positif dan mengedepankan nilai nilai kemanusiaan. Sehingga karyawan pun termotivasi dan loyal, karena mereka merasa pekerjaan mereka memiliki makna. Salah satu cara mempertahankan karyawan berkualitas adalah dengan menyediakan program pengembangan keterampilan dan kesempatan untuk pertumbuhan karier. Perusahaan beretika dan berakhlak baik akan memberikan pelatihan yang diperlukan, mentoring, serta peluang kenaikan jabatan agar karyawan merasa didukung dalam pengembangan profesional mereka. Hal ini juga menunjukkan bahwa perusahaan berinvestasi dalam perkembangan jangka panjang karyawan.