Lihat ke Halaman Asli

Dityanita Putri

Mahasiswa/Unipma

Mahasiswa KKN-T UNIPMA Kelompok 53 Mengadakan Kegiatan "Pelatihan dan Sosialisasi Digital Marketing" di Desa Gandul

Diperbarui: 1 Februari 2023   21:46

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri KKN-T 53

Dokpri KKN-T 53

Mahasiswa KKN-T Kelompok 53 Universitas PGRI Madiun baru-baru ini telah melaksanakan berbagai program kerja sebagai upaya dalam pengembangan potensi yang ada di Desa Gandul, berupa pelatihan inovasi dan pengembangan UMKM, sekaligus pelatihan dan sosialisasi Bisnis melalui Digital Marketing di Desa Gandul, Kecamatan Pilangkenceng, Kabupaten Madiun.

Desa gandul sendiri merupakan salah satu desa yang terletak di Kabupaten Madiun yang sebagian besar masyarakatnya memiliki mata pencaharian dibidang pertanian dan perdagangan. Di Desa Gandul tempat Mahasiswa KKN-T UNIPMA yang bertugas terdapat 2 UMKM yaitu UMKM susu kedelai dan UMKM Madumongso, Untuk itu Mahasiswa KKN-T kelompok 53 ini mengadakan berbagai pelatihan dan sosialisasi sebagai upaya peningkatan kualitas UMKM yang ada di Desa Gandul termasuk pelatihan dan sosialisasi Digital Marketing yang berlangsung di Balai Desa Gandul.

Dokpri KKN-T 53

Kegiatan "Pelatihan dan Sosisalisasi Digital marketing" yang dilaksanakan pada hari Senin (30/01/2023) di Balai Desa Gandul, yang dihadiri oleh Bapak Sunarto selaku kepala desa, Ibu Suciati Ningsih selaku Kepala PKK dan Para UMKM yang ada di Desa Gandul.  Kegiatan ini diketuai oleh ketua kelompok 53 (Ilham,19) dan dibantu oleh penanggung jawab kegiatan yaitu Ardika Pambudi dan semua tim yang bertugas. Sambutan hangat juga datang dari Bapak Sunarto yang merupakan Kepala Desa Gandul, "Sosialisasi digital marketing merupakan ide yang sangat tepat dalam membantu peningkatan UMKM yang ada di Desa Gandul, diharapkan dengan adanya kegiatan ini para warga khususnya yang memiliki bisnis UMKM mendapatkan pemahaman dan pengetahuan mengenai pemanfaatan kemajuan teknologi untuk proses pemasaran produk yang dikelola".

Sementara itu Dityanita kurnia putri, salah satu pemateri sekaligus Mahasiswa KKN-T UNIPMA di Desa Gandul menerangkan bahwa,"Digital Marketing merupakan salah satu kegiatan promosi produk dengan memanfaatkan internet sebagai media untuk mencakup jangkauan konsumen yang luas secara real time serta dapat meminimalkan biaya dan waktu, Metode ini merupakan salah satu metode pemasaran yang efektif  dibandingkan menggunakan metode konvensional yang memiliki jangkauan terbatas".

Pelaksanaan program kerja kelompok 53 ini dilaksanakan secara berurutan mulai dari Pelatihan Inovasi Susu Kedelai (Rabu,11/01/2023), Pelatihan Inovasi Produk Berbahan Dasar Nangka (Rabu,10/01/2023) dan selanjutnya Sosialisasi Digital Marketing (Senin,30/01/2023). Tujuan diadakannya "Pelatihan dan Sosialisasi Digital Marketing" ini untuk memberikan wawasan cara menjual/memasarkan produk melalui dunia digital/online untuk bisnis yang tengah di geluti oleh para pemilik UMKM yang ada di Desa Gandul.Sebab pada era sekarang ini kemajuan teknologi telah memberikan pengaruh pada berbagai sektor kehidupan, salah satunya pada kegiatan bisnis. Metode konvensional yang telah turun temurun memang memiki kelebihan tersendiri dan masih lumayan eksis pada era sekarang, tetapi metode penjualan secara online telah membentuk perilaku konsumen baru yang lebih menyukai membeli barang secara online karena dinilai lebih efektif dan efisien. Sedangkan bagi pemilik bisnis digital marketing ini sangat membantuk meningkatkan traffic penjualan sebab dapat menjangkau calon pembeli dengan lebih mudah,cepat dan jangkauan yang luar biasa luas dibandingkan menggunakan metode penjualan konvensional (Tradisional).

Kegiatan pelatihan ini dilaksanakan di Balai Desa Gandul dan berjalan dengan baik sebagaimana yang diharapkan. Kami selaku panitia kegiatan atau kelompok 53 KKN-T UNIPMA 2023 banyak mengucapkan terimakasih untuk semua pihak yang telah membantu untuk kelancaran kegiatan ini.Harapan dari Mahasiswa KKN-T UNIPMA Kelompok 53 untuk masyarakat Desa Gandul dengan adanya kegiatan ini dapat membantu menggiatkan ekonomi masyarakat setelah mengikuti dan menerapkan pelatihan tersebut.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline