Lihat ke Halaman Asli

Tiki-Taka Vs. Tarian Samba

Diperbarui: 25 Juni 2015   03:34

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Olahraga. Sumber ilustrasi: FREEPIK

Terjawab sudah teka-teki negara yang akan bertanding di semifinal EURO 2012. Portugal menjadi negara pertama yang melangkah ke semifinal setelah susah payah mengalahkan Republik Ceko lewat gol tunggal Cristiano Ronaldo yang dicetak melalui sundulan kepala. Menyusul selanjutnya Spanyol yang sukses mengkandaskan Perancis dengan skor 2-0 yang kedua golnya dicetak oleh Xabi Alonso. Jerman mengakhiri laga perempatfinal melawan juara EURO 2004 dengan kemenangan meyakinkan, 4-2. Terakhir, Italia menjadi negara terakhir yang melaju ke fase semifinal setelah mengalahkan Inggris lewat drama adu penalti.

Laga Semifinal akan berlangsung tanggal 27 dan 28 Juni 2012. Laga pertama akan menampilkan duel antara Portugal melawan Spanyol. Laga ini boleh dibilang hampir mirip dengan laga  "El Classico" karena di skuad Portugal, mereka bertumpu pada trio pemain Madrid yaitu Pepe,Ronaldo, Contreao. Sedangkan di Spanyol, walaupun ada beberapa pemain Madrid seperti Casillas, Sergio Ramos, Arbeloa, namun timnas Spanyol sekarang identik dengan Barcelona jika dilihat dari gaya bermainnya dan banyaknya skuad Barcelona di timnas Spanyol. Permainan terbuka akan tersaji dalam laga ini. Spanyol dengan Tiki-Taka dan Portugal yang dijuluki "Seleccao Eropa" karena permainan mereka mirip dengan Tim Samba, Brazil. Spanyol bukanlah tim yang mengandalkan seorang pemain seperti yang terjadi pada Portugal yang sangat bergantung pada CR7. Spanyol akan tetap bermain kolektif, menguasai bola selama mungkin dan menyerang dengan gaya khas mereka, 1-2 sentuhan. Pepe yang menjadi tulang punggung di jantung pertahanan Portugal akan bekerja ekstra untuk meredam permainan Tiki-Taka Spanyol.

Hasil akhir pertandingan ditentukan oleh seberapa mampu lini tengah Portugal merusak permainan Tiki-Taka Spanyol yang dipimpin oleh David Silva dan Andrea Iniesta. Jika mampu menghentikan kedua pemain tersebut, laga akan menjadi milik Portugal. Tarian Samba ala pemain Portugal besar kemungkinan akan membawa mereka melangkah ke babak final untuk kedua kalinya sejak tahun 2004 silam. Konsentrasi tinggi dan permainan fisik sangat perlu dilakukan skuad Portugal jika ingin menjejakkan kaki di fase final. Mengalahkan Spanyol bukanlah hal mustahil. Chelsea sudah membuktikan bagaimana cara cerdas meredam strategi Tiki-Taka Barcelona. Tidak elok memang, tapi tujuan akhir dari sebuah tim bola adalah kemenangan.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline