Lihat ke Halaman Asli

Sederhana namun penuh Makna

Diperbarui: 26 Juni 2015   06:06

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

oh, ibu dan ayah, selamat pagi
kupergi sekolah sampai kan nanti


selamat belajar nak penuh semangat
rajinlah selalu tentu kau dapat
hormati gurumu sayangi teman
itulah tandanya kau murid budiman

Siapa yang tak tahu lagu tersebut ? lagu yang selalu dinyanyikan semasa SD/TK. Liriknya sederhana namun sarat akan makna walau seiring berjalannya usia lagu ini semakin dilupakan. Unuk lebih memahami lagu ini, mari kita telaah kalimat perkaliamat lagu tersebut.

Oh ibu dan ayah selamat pagi, ya itu budaya baik yang diajarkan dari lagu ini, yaitu menyapa orang tua, yang dilanjutkan dengan lirik kupergi sekolah sampaikan nanti, yang bermakna seorang anak pamit dan meminta izin kepada orang tua untuk melakukan kegiatan lalu disambung dengan selamat belajar nak penuh semangat, rajinlah selalu tentu kau dapat yang berarti orang tua memberikan dorongan dan do’a kepada anaknya untuk senantiasa menuntut ilmu tiada jemu untuk menggapai semua mimpi dan harapannya hal itu juga sesuai dengan semboyan “tut wuru handayani” yang bermakna dari belakang memberikan dorongan dan itulah yang sepantasnya diberikan kepada anak dari orang tua baik materil maupun moril. Kelanjutan dari lirik lagu ini adalah pesan dari orang tua yaitu hormati gurumu sayangi teman, itula tandanya kau murid budiman,pesan yang mempunyai arti begitu dalam yaitu menghoramti guru sebagai tenaga pendidik yang mentransfer ilmu tanpa lelah dan menyayangi teman.

mungkin apabila lirik-lirik sederhana ini difahami, tidak akan ada anak yang kabur dari rumah karena orang tuanya tidak ada namanya siswa tidak sopan kepada guru, tidak akan ada tawuran karena sesama teman saling menyayangidan proses belajar mengajar akan sanagt menyenangkan serta tentunya tercetaklah murid-murid budiman.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline