Lihat ke Halaman Asli

Dita Dwi Damayanti

Karyawan Swasta

Daftar Jadwal Pendaftaran Seleksi Mandiri PTN 2023

Diperbarui: 22 Juni 2023   23:28

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Tanggal 20 Juni 2023 merupakan hari yang sangat ditunggu sekaligus sangat menegangkan bagi mereka yang mendaftarkan diri dalam Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT), sebab hasil perjuangan mereka diumumkan pada tanggal tersebut. Tidak semua orang mendapatkan kabar yang baik mengingat kuota pada jalur SNBT juga terbatas. Sebagian lagi merasakan sedih karena gagal dalam seleksi tersebut. SNBT sendiri adalah seleksi nasional untuk masuk perguruan tinggi negeri berdasarkan tes pada Ujian Tertulis Berbasis Komputer (UTBK).

Bagi kamu yang gagal, jangan lama-lama yuk bersedihnya. Ayo bangkit lagi dan belajar lagi karena masih banyak jalur lain untuk masuk ke perguruan tinggi incaran kamu. Salah satunya adalah jalur Ujian Mandiri. Berikut adalah nama beberapa perguruan tinggi yang menyelenggarakan ujian mandiri jalur tes beserta tanggal pendaftarannya.

1. IPB University

Pendaftaran SM-IPB ujian online dilaksanakan pada tanggal 2 Mei -- 23 Juni 2023. Materi yang diujikan untuk SM-IPB program sarjana (S1) yaitu Tes Kemampuan Skolastik yang bersifat Higher Order Thinking Skills (HOTS) dengan jumlah soal sebanyak 25 menit.

2. Universitas Sebelas Maret (UNS)

SM UNS -- SMJU (Utul UNS) merupakan seleksi mandiri jalur ujian yang pendaftarannya dilaksanakan pada tanggal 20 Mei -- 23 Juni 2023 dengan materi ujian TPS, Literasi Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, dan Penalaran Matematika.

3. Universitas Lampung (Unila)

Jalur mandiri SMPTL (Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Lampung) merupakan seleksi dengan materi ujian tulis sama seperti SNBT 2023 yaitu TPS, Literasi Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, dan Penalaran Matematika. Pendaftaran SMPTL 2023 dilaksanakan pada tanggal 20 Juni -- 30 Juni 2023. Sedangkan Jalur PMPAP (Penerimaan Mahasiswa Perluasan Akses Pendidikan), Prestasi Khusus, dan Kelas Internasional FEB (Fakultas Ekonomi dan Bisnis) dilaksanakan tanggal 21 Juni -- 27 Juni.

4. SMM PTN-Barat

SMM PTN -- Barat 2023 merupakan seleksi calon mahasiswa baru jalur mandiri yang penyelenggaraanya dilakukan secara Bersama antar perguruan tinggi negeri yang tergabung dalam BKS-PTN Indonesia Wilayah Barat. Materi yang diujikan pada tes SMM PTN-Barat sama seperti SNBT UTBK 2023 yaitu TPS, Literasi Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, dan Penalaran Matematika. Pendaftaran dimulai tanggal 8 Mei -- 27 Juni 2023.

5. Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta (UPN YK)

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline