Lihat ke Halaman Asli

Dita Ayu

KKN TIM 2 UNDIP

Mahasiswa KKN Undip Berikan Edukasi untuk Prediksi Penyebaran Covid-19

Diperbarui: 8 Agustus 2021   23:12

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pelaksanaan Kegiatan di grup Whatsapp warga/dokpri

SEMARANG - Mahasiswa Universitas Diponegoro melakukan Edukasi Prediksi Penyebaran Covid-19 kepada warga RT 2/1 Tembalang, Tembalang Semarang, Jawa Tengah.

Edukasi dilakukan dengan sistem daring melalui grup Whatsapp warga dengan menggunakan fitur pesan (chat). Dalam grup Whatsapp terdapat 48 warga yang artinya peserta edukasi berjumlah 48 peserta. Kegiatan ini dipimpin oleh Ibu Tarni selaku koordinator warga setempat. Ibu Tarni membuka acara dan mengkoordinir warga untuk dapat menyimak materi serta aktif dalam kegiatan ini.

Materi edukasi berisi mulai dari pendataan kasus Covid-19 di semarang sampai ke prediksi penyebaran virus Covid-19 di RT setempat. Pendataan kasus Covid-19 di Semarang tersebut diambil dari laman https://siagacorona.semarangkota.go.id/ . Untuk prediksi penyebaran Covid-19 sendiri didapatkan dari melakukan simulasi data covid sebelumnya per tanggal 10 Juni 2021 sampai 13 Juli 2021 menggunakan monte carlo di excel.

Grafik penyebaran Covid-19/dokpri

Walaupun kegiatannya dilakukan secara daring, semangat dan antusias peserta sangat besar. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya warga yang aktif dalam bertanya dan memberikan saran. "Boleh kita berprediksi. Karena ini sebagai langkah persiapan pencegahan Covid-19. Yang terpenting adalah selalu patuhi protokol kesehatan", ujar bu Tarni dalam cuplikan Whatsappnya sesaat setelah melaksanakan kegiatan edukasi. 

Kegiatan edukasi ini merupakan penyelenggaraan dari program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Diponegoro 2021. Peserta kegiatan edukasi meliputi seluruh warga RT 2/1 Kelurahan Tembalang, Kecamatan Tembalang, Semarang. Edukasi ini bertujuan memberikan wawasan penyebaran Covid-19 melalui hasil data prediksi menggunakan simulasi monte carlo. Sumber data untuk prediksi ini berasal dari data kelurahan setempat. Pelaksanaan kegiatan ini sendiri diharapkan mampu meningkatkan pencegahan dan mitigasi penyebaran virus Covid-19 serta selalu mematuhi protokol kesehatan dan selalu menjaga kesehatan.

Oleh: Dita Ayu Rahmawati

Dosen: Dr. Amirudin, M.A.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline