Lihat ke Halaman Asli

Dita Aulia

learner

World Heart Day 2019: Semua Orang Bisa Menjadi Pahlawan Jantung

Diperbarui: 29 September 2019   22:23

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ibu kader Hesty membagikan pengalamannya mengenai pola makan yang ia terapkan untuk suami yang merupakan penderita jantung koroner. - dokpri

"Suami saya menderita penyakit jantung koroner dan hipertensi. Sampai satu tahun kemudian sudah mencoba menurunkan berat badan namun susah sekali. Setelah saya mendapat pelatihan memasak makanan untuk penderita hipertensi, saya praktikkan selama 3 bulan terakhir. Saya ganti piring makan di rumah dengan piring yang berukuran lebih kecil. Kalau menggunakan piring besar tidak terasa kita sudah makan banyak. Sekarang kalau menggunakan piring kecil walaupun porsi nasi sedikit tapi kelihatannya sudah banyak. Saya dan anak saya yang gemuk juga ikut menerapkan hal tersebut di rumah. Ternyata 3 bulan ini suami mengalami penurunan berat badan 2 kg. Saya dan anak juga ikut mengalami penurunan berat badan."

Cerita di atas berasal dari penuturan Hesty, seorang kader perempuan di Kelurahan Mojo, Kota Surabaya, yang mengikuti pelatihan kader kesehatan oleh Departemen Kardiologi dan Ilmu Kedokteran Vaskular Universitas Airlangga.

Ibu rumah tangga ini berhasil menunjukkan bahwa ia bisa berkontribusi terhadap kesehatan jantung melalui perannya sebagai seorang istri, ibu, dan kader kesehatan, sehingga layak menjadi bagian dari pahlawan jantung.

dokpri

Dalam rangka peringatan Hari Jantung Sedunia yang bertepatan pada tanggal 29 September, Departemen Kardiologi dan Kedokteran Vaskular Universitas Airlangga menyelenggarakan Pendidikan, Pelatihan, dan Pemberdayaan Kader Perempuan untuk Mencegah Hipertensi di Kelurahan Mojo, Surabaya.

Acara ini juga merupakan rangkaian dari program pengabdian masyarakat Departemen Kardiologi dan Kedokteran Vaskular Universitas Airlangga.

Pada pertemuan sebelumnya, para kader perempuan Kelurahan Mojo telah mendapatkan materi dan pelatihan mengenai pengukuran tekanan darah dan menyusun menu masakan yang mengacu pada Diet Hipertensi Terkontrol Airlangga (DHITA) untuk mengontrol tekanan darah.

2-5d90bb480d82304d146c35a2.jpg

Pada pertemuan yang bertepatan dengan rangkaian Hari Jantung Sedunia ini, para kader diajak senam bersama dan diberikan materi mengenai aktivitas fisik yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan jantung.

Kegiatan ini sekaligus mendukung kampanye peringatan Hari Jantung Sedunia oleh World Heart Federation yang mengusung tema Be a Heart Hero.

Slogan ini diharapkan mampu mendorong semua orang dari berbagai golongan untuk ikut berpartisipasi menjaga kesehatan jantung dengan berjanji menjalani hidup yang lebih sehat.

dokpri

dokpri

Berbagai tokoh masyarakat lintas instansi ikut hadir untuk mendukung acara ini. Di antaranya adalah Hermin, staf perwakilan dari Kelurahan Mojo, dr. Nurul Atfianah, Kepala Puskesmas Kelurahan Mojo, dr. Agus Subagjo, Sp.JP(K), FIHA, FAsCC, Kepala Departemen Kardiologi dan Kedokteran Vaskular Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga, dan dr. Andrianto, Sp.JP(K), FIHA, FAsCC  selaku ketua panitia dalam acara ini.

dokpri

Antusiasme para kader perempuan dalam mengikuti acara ini sangat tinggi. Sebanyak 78 peserta kader dari RT 02 hingga RT 12 turut hadir.
Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline