Lihat ke Halaman Asli

Banyaknya Ragam Bahasa di Indonesia

Diperbarui: 10 Maret 2021   23:23

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

antaranews.com

JAKARTA- Ragam bahasa adalah bentuk bahasa yang bervariasi. Ragam bahasa tidak berfungsi sebagai atribut tetap seorang pembicara bahasawan yang kompeten biasanya menguasai berbagai jenis ragam bahasa dan mampu menyesuaikan ragam yang dipakai dengan situasi dan tujuan berbahasa. Fungsi ragam bahasa sebagai simbol kebanggan nasional, simbol identitas nasional. pemersatu alat perhubungan antara budaya dan antar-regional.


Di Indonesia terdiri atas beberapa macam suku, agama, budaya dan bahasa. Dari unsur lain bahasa menjadi media komunikasi yang digunakan seseorang untuk menyampaikan sebuah informasi atau pesan kepada pihak yang di tuju. Perlu diketahui bahwa Bahasa Indonesia memiliki ragam bahasa di masing-masing daerahnya.

Contoh: ketika berbicara dalam lingkup di daerah jawa, maka akan ditemukan kata-kata yang jarang kita dengar seperti, nuwun sewu yang artinya permisi.
Sehingga kita dapat simpulkan bahwa ragam Bahasa Indonesia adalah variasi kata-kata berdasarkan daerah, pemakaian, topik yang dibicarakan, hubungan pembicara, serta medium pembicara.

Ragam bahasa tidak hanya bahasa daerah saja tetapi juga banyak ragam bahasa lainnya seperti :
- Ragam Bahasa Media, dilihat dari media atau sarananya Bahasa Indonesia dibedakan menjad dua ragam, Ragam lisan dan Ragam tulis.
- Ragam Bahasa Berdasarkan Standar, terdapat golongan terhadap ragam bahasa standar dan kebakuan bahasa. Antara lain, ragam standar, nonstandar dan semi standar.
- Ragam Bahasa Indonesia Berdasarkan Cara Pandang Penutur yaitu diantaranya, ragam dialek, ragam terpelajar, ragam resmi dan ragam tak resmi. Salah satu contohnya ragam dialek “gue udah beli buku itu.”
- Ragam Bahasa Indonesia berdasarkan Topik Pembicaraan, topik yang dimaksud diantaranya hukum, bisnis, agama, sosial, sains dan masih banyak yang lainnya.

Dengan adanya banyak ragam bahasa di Indonesia membuat Indonesia menjadi indah penuturannya, di Indonesia sendiri memiliki kurang lebih 546 bahasa di Indonesia antara lain,
Bahasa Jawa, Sunda, Melayu, Batak, Padang, Barapasi Papua, Flores, Bali, Madura dan masih banyak yang lainnya.

Tangsel-10/03/21

Dita maulida agriyani




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline