Lihat ke Halaman Asli

Dita Wuryaningrum

Universitas Diponegoro

KKN UNDIP: Edukasi Coping Stress Pada Orang Tua di Desa Kemasan

Diperbarui: 13 Agustus 2022   14:49

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri 

Kemasan, Sukoharjo (13/08/2022), Mahasiswi Kuliah Kerja Nyata Universitas Diponegoro TIM II TA 2021/2022 menyalurkan pengetahuan terkait coping stress pada orang tua di Desa Kemasan, Polokarto, Sukoharjo, Jawa Tengah.

Menurut informasi yang didapatkan dari Kegiatan PKK pada tanggal 9 Juli 2022 bahwa terdapat adanya keluhan terkait peran orang tua di Desa Kemasan., Sukoharjo, Jawa Tengah seperti menghadapi tingkah laku anak yang nakal dan sibuknya mengurus berbagai kegiatan rumah maupun pekerjaan. Melalui kewajiban mahasiswa untuk memberikan kontribusi kepada masyarakat berdasarkan ilmu yang sudah didapatkan di perkuliahan, salah satu mahasiswi Tim Kuliah Kerja Nyata Universitas Diponegoro TIM II TA 2021/2022 dalam pelaksanaan programnya yang berjudul "Program Program Peningkatan Pengetahuan Terkait Coping Stress Pada Orang Tua" 

Pelaksanaan program meliputi kegiatan pemberian poster pada orang tua yang ditemui di Desa Kemasan secara door to door serta memberikan penjelasan terkait materi yang tertera pada leaflet tersebut. Mahasiswi juga membuka sesi pertanyaan apabila terdapat kebingungan dan kegelisahan para orang tua dalam mengenali dan menghadapi stress.

dokpri 

Kegiatan program berlangsung dengan lancar yang dibuktikan dengan adanya seorang ibu yang bertanya terkait keresahannya ketika menghadapi stress. Poster yang tersisa kemudian diberikan pada papan mading yang berada di pos kamling yang berada di lingkungan Desa Kemasan dengan tujuan agar seluruh warga yang terlewat mendapatkan informasi terkhusus para orang tua.

dokpri 

Dengan adanya program ini, pihak Desa Kemasan berharap dapat memberikan informasi terkait coping stress pada orang tua secara lebih menyeluruh dan mengembangkan kegiatan pemberian informasi yang bermanfaat bagi kesehatan mental orang tua di Desa Kemasan. Program ini diharapkan juga dapat membantu menumbuhkan rasa kepedulian pada diri sendiri terkhusu orang tua di Desa Kemasan perihal kesehatan mentalnya dan ketika berhadapan dengan keadaan stress.. 

Penulis: Dita Wuryaningrum / Program Studi S1 Psikologi Fakultas Psikologi / KKN UNDIP TIM II 2021/2022 DESA KEMASAN

Dosen Pendamping Lapangan: Dr. Ir. Suzanna Ratih Sari, M.M., M.A




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline