Lihat ke Halaman Asli

DITA MUNTIA CHABIBA

NIM : 2130020051

Yakin Gak Mau Magang?

Diperbarui: 26 Desember 2022   21:42

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Istilah magang tidak asing dikalangan mahasiswa. Magang merupakan salah satu kegiatan yang dapat diikuti mahasiswa untuk mengembangkan potensi dan skill sebagai bekal memasuki dunia kerja profesional. Dengan adanya kegiatan magang, diharapkan mahasiswa dapat menjadi lulusan yang terampil saat memasuki dunia kerja berbekal pengalaman magang yang telah didapatkan.

Disini, aku akan sedikit menceritakan pengalamanku selama magang di PT Pelindo Terminal Petikemas. Aku mahasiswa semester 5 di Prodi S1 Kesehatan Masyarakat yang berkesempatan magang selama 5 bulan disana. Instansi tempatku magang merupakan sub-holding BUMN Kepelabuhan PELINDO yang menjalankan bisnis sebagai pengelola terminal peti kemas terbesar di Indonesia. Ketika sudah menjadi pemagang disini, kita akan ditempatkan pada beberapa unit kerja. Kebetulan aku ditempatkan di Divisi Health, Safety, Security, and Environmental (HSSE) unit kerja kantor pusat yang berada di Surabaya. 

Sebagian besar aktivitas yang biasa dilakukan selama magang yakni pengelolaan administrasi. Seperti kegiatan perkantoran pada umumnya, divisi HSSE juga mengelola administrasi yang berkaitan dengan K3 dan lingkungan hidup. Administrasi ini berkaitan dengan kebijakan, peraturan, data, dan dokumen dari terminal cabang maupun anak perusahaan yang berada dibawah naungan PT Pelindo Terminal Petikemas. Ketelitian dan cepat tanggap sangat dibutuhkan disini. Disini aku belajar banyak hal yang juga sejalur dengan akademik seperti inspeksi K3, pengukuran lingkungan kerja, penangan psikologi industri, ergonomi dan hygiene perusahaan. 

Teori yang didapatkan selama perkuliahan dapat dipraktekkan secara langsung. Tidak hanya berkutat dengan administrasi perkantoran, disini pemagang sering diajak untuk kunjungan lapangan. Diajak untuk bisa melihat, mengamati, dan mengobservasi proses bisnis secara langsung mulai dari kapal sandar, proses bongkar muat petikemas, hingga penumpukan petikemas. Disamping itu kita juga tetap mengamati hal - hal terkait K3 dan lingkungan hidup yang ada di lapangan seperti perilaku dan kondisi tidak aman, serta kenyamanan lingkungan sekitar area kerja. 

Banyak sekali aktivitas yang bisa dilajukan selama mengikuti kegiatan magang disini. Pemagang bebas mempelajari mengenai perusahaan dengan tetap mentaati peraturan yang telah diberitahukan sejak awal. Pemagang juga diajak untuk berpartisipasi dalam agenda diluar pekerjaan yang diselenggarakan, seperti gathering, olahraga rutin, lomba - lomba, dan sebagainya.

Sekian untuk ceritaku selama magang, banyak pengalaman dan pelajaran bisa didapat selama magang yang semoga bermanfaat untuk pengembangan diri kedepannya.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline