Lihat ke Halaman Asli

dita kristiari

Ibu rumah tangga,mantan wartawan radar surabaya

Durian Merupakan Raja Buah (King of Fruit)

Diperbarui: 24 September 2023   18:29

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Durian (Durio Zibethinus) merupakan buah yang banyak penggemarnya. Buahnya manis pahit, dagingnya tebal dan harum, merupakan deskripsi buah durian Gencono. Durian asli Lumajang. Durian di Lumajang sudah terkenal sampai masuk berita di televisi, Yaitu varietas Gucialit ,yang merupakan nama desa yang membudidayakannya.

Durian Senduro, durian Gucialit dan durian Gencono, yang ada di Lumajang, yang saya tahu. Dikutip dari, ngopibareng, terbit Kamis, 20 Oktober 2022, Dinas Pertanian Kabupaten Lumajang menggelar kontes durian, sebagai bentuk dukungan kepada petani durian. Hal ini menunjukkan bahwa banyaknya jenis-jenis durian di Lumajang.

Buah durian memang favorit saya, apalagi yang rasanya memiliki sedikit alkohol, membikin mabuk memakannya. Harga durian Gencono mulai dari Rp.30.000. Durian di Lumajang relative murah harganya. Sedangkan durian Senduro Rp. 55.000 per kg nya. Kalau durian Gucialit sekitar Rp.100.000 berisi 3 durian kecil berdiameter 13cm, yang dijamin masak pohon.

Durian hitam baru muncul akhir-akhir ini. Dikutip dari tabloidsinartani, terbit 28 Januari 2022, salah satu cara untuk mengenali durian hitam adalah bentuknya yang bulat seperti labu dan agak berbeda dengan durian lainnya. Ciri keduanya adalah warna kulitnya yang berwarna hijau dan sedikit keabu-abuan. Durian ini dikenal dari Malaysia, disebut juga durian ochee.

Durian Hitam asal Malaysia disebut juga durian ochee




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline