Lihat ke Halaman Asli

Di Jepara Petani Garam saat Musim Penghujan Biasanya Tidak Produksi, Para Petani Beralih Garap Tambak Ikan

Diperbarui: 16 November 2021   04:26

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Saat petani panen garam ; Sumber republika.co.id

Jepara - Adalah sebuah kota yang di juluki kota Ra kartini,atau di sebut sebut kota ukir. Letak kota tersebut di bagian Utara propinsi Jawa Tengah, memiliki luas 1.004 km  dan batasbatas wilayah meliputi: Barat : Laut Jawa. Utara : Laut Jawa. Timur : Kabupaten Pati dan Kudus.

Jepara ada di bagi 16 kecamatan dan ada dua kecamatan merupakan kecamatan baru, yaitu Kecamatan Kalinyamatan dan Kembang) terbagi dalam 193 desa/kelurahan.

Letak wilayah Petani Tambak Garam

Letak wilayah petani Tambak di jepara adalah di Desa kedung malang. merupakan desa perbatasan dengan kabupaten demak dan sekaligus nama desa tersebut masih di gunakan sebagai nama kecamatan yang berkantor di desa bugel. Nelayan,dan tambak adalah potensi menggali rezeki bagi mereka,tak heran jika musim penghujan tiba warga setempat biasanya beralih ke tambak ikan. karena lahan tambak saat musim penghujan di genangi air tawar. 

KUB Mutiara laut 

Para petani kecil biasanya menjual hasil garamnya di KUB setempat saat memasuki musim penghujan, kata pak Rian karena saat di jual musim hujan harga akan naik katanaya. 

KUB merupakan Pabrik pengolah Air laut sebagai bahan baku pembuatan Garam hanya satu satunya di wilayah jepara terbesar dan memiliki ratusan karyawan serta banyak Mitra untuk di pasarkan. Bebearapa Mitra tersebut antara lain,Barokah makmur,Sentosa jaya,Air Asin berkah,Laut Biru, LA Salt,saltworks semarang,dan masih banyak lagi yang tidak jauh dari wilayah tersebut.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline