Lihat ke Halaman Asli

Paradissa Mawla Khansa Andhini

23107030080 - Ilmu Komunikasi

Sendu yang Cukup Mendalam dari Lagu "Dara" Bilal Indrajaya

Diperbarui: 1 Juni 2024   19:38

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

YouTube Bilal Indrajaya

Siapa yang saat ini tidak mengenal Bilal Ahmad Indrajaya atau yang sering dikenal sebagai Bilal Indrajaya? Seorang penyanyi yang saat ini karya-karyanya sangat sering didengar oleh banyak kalangan karena ciri khasnya yang bergaya musik melankolis dengan old soul music. Bilal tentu memiliki banyak rilisan lagu yang menarik untuk kita nikmati dan dengarkan di berbagai suasana.

Tak heran, selain banyak konser-konser musik yang ia hadiri, saat ini lagu-lagunya pun sering kita dengar di berbagai platform media sosial, seperti sound TikTok, backsound reels Instagram, dan lainnya.

Atau kalian juga salah satunya?

Dan kali ini, dari berbagai lagu-lagunya yang tentu memiliki makna mendalamnya sendiri-sendiri, mari kita membahas bagaimana arti dan terciptanya salah satu lagu Bilal Indrajaya yang juga ditulis oleh Ilman Ibrahim Isa ini, yakni "Dara".

Di tanggal 28 Juni tahun 2023 silam, Bilal Indrajaya merilis lagu "Dara" ini bersamaan dengan albumnya yang berjudul "Nelangsa Pasar Turi" yang juga terdapat 9 lagu di dalamnya. Selain itu, di awal bulan Mei tahun 2024, Bilal merilis video klip lagu ini yang tak kalah menyentuh hati ketika kita melihat dengan iringan lagunya. Di akhir video klip tersebut, Bilal menceritakan bagaimana proses terciptanya lagu "Dara" ini.

Pada awalnya Bilal sendiri tidak ada niat atau ekspektasi apapun untuk menyanyikan lagu ini, hanya berawal dari berkumpul bersama Ilman.

"Pada suatu malam di tahun 2022 gak ada niat mau bikin apa-apa, gak ada agenda, nongkrong aja sama Mas Ilman, waktu itu juga ada si Ario, Kurosuke... tiba-tiba Mas Ilman 'Bil, gue ada lagu nih, lu mau rekam gak?' gue dikasih denger lagu itu, yang masih berupa demo dan ternyata lagu itu adalah lagu "Dara" ini... gak pakai pikir panjang langsung gue iyakan 'ok Mas, let's go kita kerjakan, kita karyakan lagu ini'" Ucap Bilal dalam videonya.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa lagu "Dara" ini memiliki makna yang cukup mendalam, karena siapa sangka bahwa dengan alunan merdunya, lagu ini menceritakan tentang suatu perpisahan dengan orang yang tersayang.

Di saat kita saling ingin untuk menua bersama, melalui perjalanan yang penuh dengan kenangan indah namun pada akhirnya tetap bertemu dengan perpisahan begitu saja.

"Jadi memang ternyata lagu ini cukup personal buat beliau, karena memang lagu ini seluruhnya ditulis oleh Ilman Ibrahim. Kisah dibaliknya juga ternyata punya kesan yang mendalam buat beliau (Ilman), lagu ini ditulis untuk almarhum ayahnya dengan segala kenangan yang ada milik mereka berdua, jadi salah satu lagu yang juga akhirnya punya kesan yang mendalam buat gue..."

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline