Lihat ke Halaman Asli

Dispen Kormar

“Tidak apa-apa untuk merayakan kesuksesan tapi lebih penting untuk memperhatikan pelajaran tentang kegagalan.”

Prajurit Yontaifib 1 Mar Asah Kemampuan Terjun Free Fall

Diperbarui: 30 April 2019   10:43

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Batalyon Intai Amfibi 1 Marinir (Yontaifib 1 Mar) merupakan satuan khusus Korps Marinir di jajaran Pasmar 1 yang memiliki spesialisasi Pengintaian Amfibi (Amphibious reconnaissance) dan Pengintaian Khusus (Special reconnaissance ). Dengan tuntutan tugas itu Pasukan yang dikenal dengan sebutan Ipam ini harus memiliki kemampuan infiltrasi yang mengandalkan kerahasian dan kecepatan, baik infiltrasi darat, laut maupun udara.

Meskipun identik dengan habitat air, namun satuan Taifib ini tidak mengesampingkan kemampuan bermain di udara terutama infiltrasi menggunakan parasut untuk terjun Free Fall. Kemampuan ini selalu dibina Yontaifib 1 Mar untuk mendukung tugas-tugas operasi maupun peningkatan prestasi . Seperti latihan terjun free fall yang dilaksanakan di Pangkalan Udara TNI AL (Lanudal) Pondok Cabe, Pamulang Tangerang dan Marunda, Jumat (26/04/2019) lalu.

Dokpri

Latihan terjun free fall yang dipimpin Danyontaifib 1 Mar Mayor Marinir Tantahara, S.AP.,M, Tr.Opsla., berlangsung dari tanggal 22 April hingga 03 Mei 2019, menggunakan pesawat Cassa U-6211 Skuadron 600 Wing Udara 1 Puspenerbal dengan Pilot Kapten Laut (P) Desly Robert dan Co Pilot Lettu Laut (T) Nur Irvan.

Dalam latihan yang merupakan salah satu materi program kerja LSD I DA/LA/UD TW I 2019 Yontaifib 1 Mar ini ada beberapa titik Drop Zone (DZ) yang digunakan antara lain di lapangan Pamulang, lapangan Brigif 1 Marinir Cilandak, Markas Denbravo 90 di Rumpin Bogor dan Perairan Banjir Kanal Timur (BKT).

Sebelum melaksanakan penerjunan Danyontaifib 1 Mar menekankan kepada seluruh prajurit agar selalu siap dalam melaksanakan setiap kegiatan dengan tetap memperhatikan prosedur keamanan latihan (zero accident) serta serius dalam melaksanakan kegiatan latihan penerjunan guna menyongsong tugas-tugas kedepan.

Dokpri

Pada latihan parsial terjun kali ini, mengacu pada materi Combat Free Fall atau Terjun Tempur yang nantinya akan dilaksanakan di daerah latihan Cariu, Bogor. Selain melaksanakan terjun tempur darat, prajurit Ipam tersebut juga dilatihkan Terjun Tempur Laut di Perairan Utara BKT Jakarta Utara.

"Dengan latihan ini diharapkan mampu memelihara kemampuan dan ketrampilan anggota prajurit Yontaifib 1 Mar dalam mendukung tugas pokok sebagai prajurit Trimedia," pungkas Danyontaifib 1 Mar tersebut.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline