Lihat ke Halaman Asli

Cara Membeli Mobil Bekas Yang Tepat

Diperbarui: 24 November 2015   10:23

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Otomotif. Sumber ilustrasi: FREEPIK

Cara Membeli Mobil Bekas Yang Tepat

Pada tahun 2015 ini perkembangan dunia otomotif agak tersendat dari mulai pertumbuhan ekonomi yang melemah dan juga kenaikan dari harga dolar cukup membuat pertumbuhan otomotif di Indonesia melambat. Hal ini juga memberikan pengaruh sampai ke daerah, contoh nya untuk daerah palembang sendiri total penjualan otomotif menurun cukup drastis. Selain itu harga mobil juga mengalami kenaikan. Salah satu contoh nya harga hrv palembang yang baru di rilis saja ikut mengalami kenaikan sebagai akibat dari kenaikan dolar dan bahan komponen lain nya. Nah kalo sudah begini bagi anda yang sudah ingin sekali memiliki mobil baru tetapi dana tidak cukup. Anda bisa juga beralih ke mobil second. Ada beberapa cara membeli mobil bekas yang tepat berikut :

1. Tips pertama yang harus di lakukan adalah lihat eksterior mobil tersebut, lihatlah sisi panel dan kerapatan dari setiap panel mobil tersebut karena kita bisa tahu apakah mobil tersebut sudah pernah kecelakaan atau belum.

2. Cek interior mobil tersebut apakah masih original atau sudah banyak yang diganti.

3. Cek juga kilometer mobil tersebut, hitungan nya sangat sederhana rata-rata mobil yang di pakai harian setahun jarak tempuh nya 20.000 km, tinggal di kalikan saja dari tahun mobil tersebut.

4. Cek mesin lihat secara seksama apakah ada kebocoran oli atau rembesan oli. Ciri-ciri mesin yang bagus adalah tidak ada rembesan oli dan kering dan dengar juga suara mesin secara seksama apakah ada bunyi yang aneh-aneh.

5. Lalu uji coba di jalan yang bagus apakah mesin masih responsif atau tidak, setelah itu uji coba juga di jalan rusak untuk mengetes kaki-kaki dari mobil tersebut apakah dalam kondisi layak atau harus di ganti, jangan lupa juga cek kebotakan ban mobil tersebut karena harga ban mobil baru lumayan mahal.

Itulah cara dan tips dalam membeli mobil bekas yang tepat. Jika kita mendapatkan harga yang layak dengan kondisi yang bagus tidak ada salah nya kita ambil yang mobil yang bekas. Apalagi dengan kondisi ekonomi yang melambat seperti sekarang ini. Sesuaikan juga dan yang kita miliki, ada baik nya kalo mengambil mobil bekas dengan cash karena bila kredit bunga nya akan lebih besar dari pada kita membeli mobil baru dengan kredit.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline