Lihat ke Halaman Asli

Teknik Penggunaan Media Sosial untuk Bisnis

Diperbarui: 13 Februari 2018   16:50

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

ilustrasi pribadi

Media sosial sekarang ini memiliki peran yang sangat besar dalam sektor bisnis. Banyak sekali pebisnis-pebisnis muda yang bermula dari bisnis kecil di media sosial. Pada awalnya, pebisnis-pebisnis muda akan menggunakan media sosial untuk menyebarkan informasi serta menjual produk mereka. Namun tahukah kamu bahwa media sosial itu dapat digunakan lebih dari sekedar menyebarkan informasi dalam sektor bisnis? Dan tahukah kamu teknik penggunaan media sosial untuk bisnis?

Yuk kita bahas sedikit mengenai ini.

Pilih Media sosial dengan Audiens yang cocok dengan produk kamu

Hal ini sebenarnya sangat mudah, namun banyak orang yang masih bingung dalam memilih media sosial yang tepat untuk produknya. Pertama, kamu harus mempelajari dulu target pasar yang tepat untuk produk kamu. Setelah itu, barulah kamu mencari media sosial yang sekiranya cocok dengan target pasar kamu. Hal-hal tersebut dapat kamu lihat dari aspek usia, gender, profesi, demografi dan lain sebagainya. Jangan sampai kamu memilih media sosial yang audiens nya tidak sesuai dengan produk kamu.

Bangun media sosial bisnismu

Setelah memilih media sosial yang akan kamu gunakan, bangun halaman kamu untuk dapat membantu penjualan produk kamu. Bila kamu telah memiliki website sendiri, kamu harus bisa menggiring pengunjung media sosial kamu untuk membuka website kamu dan melakukan transaksi langsung.

Hal itu dapat kamu lakukan dengan memasang link website kamu di setiap postingan media sosial mu. Selain itu, jangan lupa untuk memasang tombol CTA (Call To Action) di website atau blog kamu untuk mendorong pengunjung me-like serta memfollow media sosial kamu. Selain itu, selalu sertakan tombol share di setiap postingan kamu, karena netizen cenderung senang untuk men-share konten-konten yang menarik, dan itu tentu saja sangat bermanfaat untuk promo produk kamu.

Kamu harus dapat membangun media sosial kamu dengan konten-konten yang menarik sehingga membuat orang-orang senang dan tertarik untuk mengikuti media sosial kamu. Gunakan konten yang uptodate dan sedang viral pada saat itu, atau kamu juga bisa membuat konten-konten komedi yang dihubungkan dengan produk kamu seperti video-video lucu, meme atau photo-photo aneh karena hal-hal seperti itu cenderung lebih cepat tersebar di media sosial. Gunakan kreatifitas kamu secara maksimal untuk menarik lebih banyak pengunjung.

Buat Jadwal Harian

Jangan terburu-buru dalam menggunakan media sosial kamu. Aturlah media sosial kamu sebaik mungkin dengan membuat jadwal harian. Jangan sampai konten yang telah kamu buat dengan bagus malah terlihat berantakan karena posting yang tidak terstruktur (terutama di platform photo seperti Instagram). Atur jadwal posting dan tema posting kamu setiap harinya. 

Misalkan, sebentar lagi hari valentine, maka kamu bisa menyiapkan konten-konten yang romantis dengan warna-warna pastel serta promo valentine. Setelah konten-konten itu siap, atur jadwal posting konten tersebut sesuai dengan tema dan jangan lupa, kamu juga harus mencari tahu prime time tiap media sosial agar postingan kamu dilihat oleh banyak orang. Usahakan selalu memposting konten-konten kamu di prime time media sosial tersebut, karena prime time tiap media sosial itu berbeda-beda loh.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline