Lihat ke Halaman Asli

Strategi Promosi Terbaik Untuk Penerjemah Indonesia

Diperbarui: 24 Juni 2015   22:34

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Tahukah Anda bahwa dengan kita rajin mensubmit artikel atau mengirim artikel ke direktori artikel, khususnya ke direktori penerjemah Indonesia ini sebenarnya merupakan salah satu startegi yang paling efektif dan terbaik untuk mempromosikan website / blog dari lembaga penerjemah yang Anda kelola saat ini? Tahukah Anda bahwa dengan submit artikel ke situs direktori penerjemah Indonesia ini Anda akan memperoleh popularitas yang bagus di bisnis terjemahan saat ini?

Sebagian dari pengelola lembaga atau biro jasa penerjemah mungkin masih mengandalkan strategi promosi melalui pemasangan iklan baris. Memang benar, memasang atau menyebar iklan baris lebih praktis atau lebih simpel dan mudah ketimbang mengirim atau submit artikel ke direktori artikel. Tapi, apa yang Anda telah dapatkan dengan memasang atau menyebar iklan di situs-situs iklan baris gratis? Mampukah iklan-iklan tersebut mendatangkan banyak pelanggan bagi Anda? Atau mampukah iklan-iklan yang telah Anda pasang tersebut mendongkrak peringkat dari website / blog lembaga penerjemahan Anda pada pencarian Google?

Artikel ini saya buat sebagai bentuk apresiasi saya kepada Direktori Penerjemah Indonesia, karena sejak hadirnya direktori ini, saya termotivasi kembali untuk berpromosi online (sempat vakum beberapa bulan karena jenuh) dan kembali membangun sebuah blog untuk lembaga penerjemah yang saya kelola. Dan sejak berpromosi dan kirim artikel ke direktori penerjemah Indonesia inilah banyak manfaat yang telah saya peroleh, salah satu yang paling menonjol adalah dengan semakin bergerak naiknya peringkat dari blog Penerjemah GlobalTrans yang saya buat belum genap satu bulan yang lalu. Sebelum membangun blog Penerjemah GlobalTrans (Global Translator), saya pernah memiliki sebuah website dengan domain berbayar sekitar satu setengah tahun yang lalu. Saat itu, strategi untuk promosi website penerjemah Global Translator adalah dengan cara mengirim banyak iklan ke situs-situs penyedia layanan pasang iklan baris, baik yang berbayar maupun yang gratis. Tapi, apa yang saya telah dapatkan tidak sebanding dengan harapan saya, karena peringkat website saya di Google tidak kunjung naik. Sampai pada akhirnya saya  merasakan kejenuhan yang amat sangat dan tidak berniat melanjutkan lagi promosi online di internet.

Berbeda halnya dengan yang saya alami sekarang ini, sejak mulai berpromosi dan rajin  kirim artikel ke direktori penerjemah Indonesia ini, peringkat blog Penerjemah Global Translator yang belum genap sebulan usianya, mengalami peningkatan yang saya anggap sangat signifikan. Bayangankan, pertama kali saya mulai submit untuk lembaga penerjemah GlobalTrans ke direktori penerjemah Indonesia ini, posisi blog saya tersebut berada pada peringkat 205 pada pencarian Google. namun, setelah kurang lebih dua minggu saya terus rajin kirim artikel ke direktori ini, peringkat blog Global Translator naik ke posisi 102. Dan sekarang, peringkat blog GlobalTrans telah berada di posisi 62 pada hasil pencarian Google.Co.Id dengan kata kunci "penerjemah". Signifikan, bukan? Hanya dalam waktu kurang dari 3 minggu peringkat blog Global Translator bergerak naik dengan cepat, dan hal ini tidak pernah saya alami sebelumnya, ketika setiap hari saya harus kirim iklan di berbagai situs iklan baris yang banyak jumlahnya dan benar-benar sangat melelahkan.

Coba Anda bayangkan lagi, untuk promosi blog Penerjemah GlobalTrans, saya memang hanya mengirimkan artikel-artikel yang saya buat hanya ke satu direktori artikel, yiatu direktori penerjemah Indonesia. Dan manfaat yang saya dapat sudah terlihat hasilnya. Bagaimana kalau saya kirim artikel-artikel tersebut ke direktori-direktori lainnya?

Dari apa yang saya alami tersebut, saya bisa menyimpulkan, dengan berpromosi melalui kirim artikel (khususnya artikel terjemahan) ke direktori-direktori artikel seperti direktori penerjemah Indonesia, jauh lebih efektif ketimbang Anda menyebar iklan baris gratis yang amat sangat melelahkan. Untuk itu, pada artikel ini saya paparkan manfaat yang bisa website / blog Anda peroleh dari submit artikel ke direktori artikel.

1. Oneway Backlink Yang Permanen (Selamanya)

Strategi promosi dengan cara kirim artikel merupakan sumber untuk memperoleh oneway backlink yang permanen ke website / blog Anda. Hal ini tentunya menguntungkan Anda dalam memperoleh peringkat yang baik di mesin pencari utama seperti 'Google'. Cara submit artikel ini merupakan salah satu cara termudah untuk membangun backlink secara gratis, apalagi kalau backlink tersebut berasal dari direktori yang sama niche-nya dengan website / blog Anda.

2. Dofollow Backlink

Saat ini, meskipun tidak semuanya kebanyakan besar website / blog iklan baris menggunakan atribut 'nofollow' saat menghubungkan ke jalur atau link eksternalnya, sehingga website / blog Anda tidak akan memperoleh manfaat dari pemasangan iklan baris tersebut, kecuali lelah. Berbeda dengan direktori penerjemah Indonesia dan mungkin beberapa direktori-direktori lain, menyediakan link 'dofollow' untuk menghubungkan ke setiap jalur atau link eksternalnya. Pilihan link dofollow tersebut tersedia pada halaman kirim artikel, dan saya rekomendasikan untuk memilik link dofollow, Anda akan memperoleh manfaat penuh dari link yang datang dari artikel direktori tersebut ketika Anda submit artikel ke direktori.

3. Penggunaan Keyword Yang Bisa Ditargetkan

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline