Lihat ke Halaman Asli

Dione Amadea Roseva

Mahasiswi Universitas Diponegoro

Maksimalkan Home Industry di Desa Songbledeg, Mahasiswa UNDIP Lakukan Pembukuan Sederhana

Diperbarui: 12 Februari 2023   22:58

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

Desa Songbledeg, Kab. Wonogiri (08/02/2023). Home  industri  adalah  suatu  unit  usaha  atau  perusahaan  dalam  skala kecil  yang  bergerak  dalam  bidang  industri  tertentu. Artinya rumah, tempat  tinggal  ataupun  kampung  halaman.  Sedang  industri bisa diartikan sebagai  kerajinan,  usaha  produk  barang  dan  ataupun  perusahaan. Jadi secara singkat home industri bisa diartikan  rumah  usaha  produk  barang  atau  juga  perusahaan  kecil.  Dikatakan  sebagai perusahaan kecil sebab jenis kegiatan ekonomi ini dipusatkan di rumah.

Dalam membangun usaha, ada banyak sekali faktor yang harus dipikirkan secara matang oleh pengusaha sebelum benar-benar terjun ke dunia usaha. Mulai dari produksi hingga penjualan, sejatinya ada banyak hal-hal penting yang tidak boleh diabaikan begitu saja. Salah satu yang aspek terpenting dalam membangun usaha adalah proses pencatatan/pembukuan keuangan. Pada industri kecil, hal ini seringkali disepelekan oleh pengusaha-pengusaha pemula karena biasanya mereka lebih terfokus pada proses untuk “belajar” memulai usaha, sehingga tidak begitu menekankan pada pentingnya pembukuan. Dengan pembukuan keuangan yang baik, Anda dapat memaksimalkan sumber daya yang ada dan mengefisienkan pengeluaran operasional yang harus Anda keluarkan.

dokpri

Melalui wawancara yang dilakukan oleh mahasiswa KKN Tim I Universitas Diponegoro 2022/2023 home industry yang berada di Desa Songbledeg belum melakukan pembukuan. Maka dari itu dilakukanlah program kerja terkait edukasi  pembukuan sederhana. Karena keterbatasan teknologi pembukuan pada home industry dilakukan secara manual. Edukasi yang dilakukan yaitu dengan memberi pengertian kepada Ibu Dwi, salah satu pelaku home industry di Desa Songbledeg tentang apa itu pembukuan, mengapa pembukuan itu penting serta bagaimana pembukuan sederhana dilakukan secara manual.

KKN Tim I Universitas Diponegoro 2022/2023 berharap dengan adanya edukasi ini para pelaku home industry yang berada di Desa Songbledeg, Kecamatan Paranggupito, Kabupaten Wonogiri dapat menjalankan bisnis mereka dengan baik dan lancar karena sudah memahami pengelolaan keuangan.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline