Lihat ke Halaman Asli

Dinas Sosial DKI Jakarta

TERVERIFIKASI

Dinas Sosial DKI Jakarta

Kadis Sosial DKI Jakarta Dorong Semangat Penyandang Disabilitas Berwirausaha

Diperbarui: 21 Maret 2019   23:26

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Foto Arsip Kegiatan

Bogor - Puluhan anak penyandang disabilitas menjadi peserta Pelatihan Vocational  Keterampilan Teknis bagi SDM Koperasi dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (KUMKM) Tahun 2019 yang digelar oleh Kementerian Koperasi dan UKM di Bogor, Jawa Barat pada Kamis (21/3).

Kepala Dinas Sosial DKI Jakarta, Irmansyah, berpesan kepada para peserta agar dapat memanfaatkan kesempatan dan peluang yang ada. "Adik-adik sekalian, nanti kalian mendapatkan pelatihan. Ini akan menjadi bekal bagi adik-adik semua. Pergunakan kesempatan itu dengan baik," ujar Irmansyah dalam sambutannya.

Foto Arsip Kegiatan

Lebih lanjut Irmansyah mendorong para peserta agar aktif dalam komunitas maupun membentuk sebuah komunitas. Menurutnya, dengan bergabung dalam sebuah komunitas, maka personal dari peserta akan dapat berkembang dengan sendirinya.

Foto Arsip Kegiatan

"Ada satu konsep dalam Islam, yaitu berjamaah. Yang dilakukan sehari-hari. Kita bisa ambil dari situ. Bagaimana membangun orang-orang menjadi pelanggan? Itulah sekarang yang dilakukan oleh usaha yang sedang berkembang. Itu kan sebetulnya membangun komunitas. Kalau sudah terbangun komunitas, produk yang ada bisa dipasarkan, segala kebutuhan bisa disharing," papar Irmansyah.

Foto Arsip Kegiatan

"Bangunlah basis komunitasnya," tambahnya.

Foto Arsip Kegiatan

Ia pun berpesan kepada para peserta yang hadir, agar selalu memotivasi diri sendiri dalam menempuh sebuah keinginan. "Kita jangan pernah menyerah dengan keterbatasan yang ada. Kalau bisa jadi pengusaha, kenapa harus jadi pekerja. Insya Allah dengan nanti bimbingan dari Kemenkop UKM, pasti ada kemanfaatan yang diambil," terang Irmansyah.

Foto Arsip Kegiatan

Pelatihan Vocational  Keterampilan Teknis bagi SDM Koperasi dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (KUMKM) merupakan salah satu upaya Pemerintah untuk terus menggalakkan program peningkatan kualitas SDM koperasi dan pelaku usaha mikro, kecil dan menengah.

Foto Arsip Kegiatan

Kali ini, peserta yang hadir merupakan pelajar dari Yayasan Rumah Kampus Pena, sebuah Lembaga Kesejahteraan Sosial (LKS) yang terakreditasi pertama di tingkat nasional. Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM)-nya telah terakreditasi A.

Foto Arsip Kegiatan

Turut hadir dalam acara tersebut Deputi Pengembangan SDM Rully Nuryanto dan Kepala PKK Kota Bogor Yane Ardian, yang merupakan istri Walikota Bogor, Bima Arya Sugiarto, serta para pengisi acara yang kompeten di bidangnya. (mar)



BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline