Lihat ke Halaman Asli

Dinas Sosial DKI Jakarta

TERVERIFIKASI

Dinas Sosial DKI Jakarta

Tidak Bisa Membaca, Dina Tersesat Puluhan Kilometer dari Rumah

Diperbarui: 19 Januari 2018   19:34

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dinsos DKI

Pendidikan merupakan hal utama bagi seluruh anak, tidak terkecuali bagi anak berkebutuhan khusus. Setiap anak berhak bersekolah, membaca dan menulis serta mandiri menyongsong masa depan.

Pesan tersebut disampaikan Kepala Suku Dinas Sosial Jakarta Utara, Adji Antoko menanggapi kasus Dina, anak perempuan berusia sepuluh tahun yang tersesat puluhan kilometer dari rumahnya hanya karena tidak dapat membaca. Kenyataan tersebut menurutnya sangat miris, sebab akses pendidikan di Ibukota sangat terbuka, setiap anak dapat bersekolah.

Dinsos DKI

"Walaupun Dina sudah berusia sepuluh tahun, Dina belum disekolahkan oleh orang tuanya. Alasan orangtuanya karena khawatir Dina dijauhi teman-temannya dan tidak dapat mengikuti pelajaran karena Dina termasuk dalam kategori anak keterbutuhan khusus," ungkapnya dihubungi pada Jumat (19/1/2018).

Dinsos DKI

Alasan orangtua tersebut menurutnya tidak rasional. Perasaan khawatir yang berlebihan hingga memutuskan untuk tidak menyekolahkan Dina menurutnya bukan merupakan bentuk kasih sayang. Sebab, sang anak justru akan mengalami kesulitan untuk mandiri ataupun berinteraksi dengan teman sebayanya.

Dinsos DKI

"Dina memang memiliki kekurangan, sifatnya tertutup dan pendiam. Setelah dipertemukan dengan orangtuanya, kami memberikan pemahaman agar Dina disekolahkan ke sekolah luar biasa, sehingga bisa baca tulis dan bisa bergaul. Tujuanya agar anaknya mandiri dan agar peristiwa ini (tersesat) tidak terulang lagi," ungkapnya.

Dinsos DKI

Diketahui sebelumnya, Petugas Pelayanan Pengawasan dan Pengendalian Sosial (P3S) Jakarta Utara menyelamatkan seorang anak perempuan bernama Dina (10) di Masjid Anasrullah,

Dinsos DKI

Sukapura, Cilincing, Jakarta Utara pada Kamis (18/1/2018) malam. Anak perempuan yang pertama kali ditemukan warga itu tersesat ketika bermain dengan teman-temannya.

Dalam pemeriksaan, petugas mengalami kesulitan karena Dina tidak dapat berkomunikasi dengan baik. Bukan hanya pendiam dan tertutup, Dina diketahui tidak dapat membaca dan menulis ketika petugas memintanya untuk menuliskan nama kedua orangtuanya dan alamat rumah.

Lantaran tidak membuahkan hasil, petugas akhirnya mencoba melacak alamat rumah tinggal Dina yang diketahui merupakan anak dari pasangan Minarti dan Nurdin, warga Jalan Pasar Bulog KBN RT 03/01 Sukapura, Cilincing, Jakarta Utara. Pencarian berhasil dilakukan, Dina akhirnya dapat dipertemukan kedua orangtuanya pada Kamis (18/1/2018) jelang tengah malam.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline