Lihat ke Halaman Asli

Dinas Sosial DKI Jakarta

TERVERIFIKASI

Dinas Sosial DKI Jakarta

Remaja Bermasalah Sosial DKI akan Dapatkan Sertifikat Pelatihan

Diperbarui: 13 April 2017   04:30

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Keterampilan Las

Anak remaja bermasalah sosial di DKI Jakarta yang mendapatkan pelatihan keterampilan di Panti Sosial Bina Remaja (PSBR) Taruna Jaya milik Dinas Sosial Provinsi DKI Jakarta akan mendapatkan sertifikat pelatihan, sertifikat tersebut menunjang anak-anak untuk memudahkan mereka mendapatkan pekerjaan.

Kepala Panti Sosial Bina Remaja Taruna Jaya, A. Dumyani mengemukakan, saat ini ada sembilan keterampilan yang tersedia di panti, namun untuk awal, baru keterampilan las yang akan diuji untuk mendapatkan sertifikat.

"Anak-anak yang mengikuti keterampilan las, akan diuji oleh Balai Latihan Kerja di Dinas Tenaga Kerja DKI Jakarta, jadi kalau sudah punya sertifikat, mereka sudah bisa dikatakan terampil profesional," tandas Dumyani saat ditemui Rabu (12/4).

Ia melanjutkan, selain keterampilan las, ada keterampilan otomotif, servis AC, servis HP, jahit, tataboga, salon, komputer, dan mebel, anak-anak bisa memilih sesuai minat dan bakat mereka.

Keterampilan Furniture

Dumyani juga mengungkapkan, sebenarnya tujuan dari pelatihan keterampilan yang dilakukan itu agar remaja bermasalah itu memiliki masa depan yang cerah, karena arah pembinaan panti saat ini adalah pemberdayaan agar anak-anak bisa mandiri.

"Kami di sini berupaya untuk merubah mindset dan perilaku mereka, karena sebelumnya mereka anak-anak yang terbiasa hidup di jalanan, di sini kami biasakan rajin, disiplin, dan sungguh-sungguh," kata Dumyani.

Keterampilan Komputer

Ia juga menjelaskan, sarana untuk merubah mindset dan perilaku mereka yaitu dengan memberikan pelatihan keterampilan sesuai dengan minat dan bakat mereka.

Karena memang, anak-anak remaja bermasalah sosial di pantinya ini dalam kondisi putus sekolah, sehingga tugas pemerintah untuk mengatasi permasalahan itu.

Keterampilan Salon

Jika di LBK mensyaratakan mereka harus lulus sekolah formal, namun di panti anak-anak remaja ini hanya dituntut memiliki kemauan yang keras dan sungguh-sungguh.

"Kami juga fasilitasi mereka untuk ujian kejar paket, jadi walaupun mereka tidak mengikuti kelas formal, mereka punya ijazah kejar paket itu," kata Dumyani.

Pada saat ini PSBR Taruna Jaya menerima siswa baru, silakan hubungi Irwansyah 08129689230 Djaka Kunanjaya  085813264477 semua biaya GRATIS, tidak ada pungutan biaya apapun




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline