Lihat ke Halaman Asli

Dinas Sosial DKI Jakarta

TERVERIFIKASI

Dinas Sosial DKI Jakarta

Di Panti ini Disabilitas Diajarkan Membuat Sandal

Diperbarui: 4 April 2017   15:23

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Keterampilan membuat sandal

Penyandang disabilitas di Panti Sosial Bina Daksa Budi Bhaknti.

Kepala Panti Sosial Bina Daksa Budi Bhakti, Prayitno mengatakan, pelatihan keterampilan tersebut dilakukan karena melihat para penyandang disabilitas memiliki potensi untuk mengembangkan kemampuannya.

Keterampilan membuat sandal

"Kami lihat mereka punya potensi, jadi sangat disayangkan jika tidak kami berikan sarana, karena jika mereka sudah mahir, tentu saja mereka dapat mandiri nanti," tandas Prayitno saat ditemui Sabtu (1/4).

Ia melanjutkan, ketika penyandang disabilitas ini mandiri maka mereka akan memiliki penghasilan sendiri, sehingga tidak membebani keluarga atau lingkungan sekitarnya.

Keterampilan membuat sandal

Selain itu, menurut Prayitno, yang terpenting dari pelatihan ini adalah motivasi, dengan memiliki motivasi yang kuat, kemandirian penyandang disabilitas bukan hal tidak mungkin diwujudkan.

"Kami selalu sampaikan agar sentiasa produktif meskipun memiliki keterbatasan, karena keterbatasan bukan halangan untuk tetap produktif," ujar Prayit.

Keterampilan membuat sandal

Pihaknya pun tidak segan-segan memanggil para alumni panti yang telah sukses mandiri untuk memotivasi penyandang disabilitas, sehingga mereka punya contoh yang sama dengan kondisi yang sama.

Saat ini pelatihan produksi sandal yang ada di panti mencapat 5-10 sandal perhari, karena masih tahap pelatihan, produksi masih terbatas, namun beberapa perusahaan swasta sudah memesan produksi sandal panti.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline