Lihat ke Halaman Asli

Dinas Sosial DKI Jakarta

TERVERIFIKASI

Dinas Sosial DKI Jakarta

Ratusan ODMK Ikuti Widyawisata

Diperbarui: 16 Desember 2016   18:04

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumentasi pribadi

Ratusan Orang Dengan Masalah Kejiwaan (ODMK) Penerima Manfaat Unit Informasi dan Layanan Sosial (UILS) milik Dinas Sosial Provinsi DKI Jakarta mengikuti aktivitas widyawisata di Taman Wisata Matahari Bogor, Jawa Barat.

Di DKI Jakarta, terdapat lima UILS yang masing-masing berada di lima wilayah kota. Mereka yang ikut terdiri dari UILS Tebet Jakarta Selatan Koja Jakarta Utara, Kemayoran Jakarta Pusat, Meruya Jakarta Barat, Duren Sawit dan Ciracas Jakarta Timur.

"Widyawisatan ini untuk menambah pengalaman baru bagi mereka. Dengan adanya pengalaman baru kami berharap bisa membantu kepulihan mereka," ujar Helmiyati Bakrie Kepala Panti Sosial Bina Laras Harapan Sentosa 3, Jumat (16/12).

Di samping itu, widyawisata ini untuk menghilangkan kejenuhan mereka yang selama ini berada di UILS dan memberikan kegembiraan serta semangat baru.

Dokumentasi pribadi

Di UILS sendiri, ODMK itu diberikan pelayanan berupa bimbingan sosial dan aktivitas sosial agar kondisi mereka berfungsi secara sosial.

"ODMK yang berada di UILS merupakan ODMK yang sedang mendapat perawatan keluarga. Mereka pulang-pergi dari rumah ke UILS untuk mendapatkan pelayanan sosial," ujar Helmiyati.

Sedangkan widyawisata ini bagian dari pengenalan lingkungan di luar UILS yang menjadi salah satu program pelayanan dan rehabilitasi sosial.

"Aktivitas ini juga menjadi sarana mendekatkan diri dengan suasana alam, aktualisasi diri, dan yang terpenting ialah untuk memupuk persaudaraan penerima manfaat sesama unit UILS," kata Helmiyati.

Aktivitas widyawasata diikuti oleh unsur Bidang Rehabilitasi Sosial Dinas Sosial DKI Jakarta, Kepala PSBL Harapan Sentosa 3, Pengelola UILS, dan Petugas Pendamping UILS.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline