Teknologi memberikan banyak perubahan dalam kehidupan manusia. Salah satunya berdampak pada kebiasaan dan perilaku masyarakat. Kini teknologi telah memudahkan pekerjaan banyak orang, salah satunya dengan kehadiran banyak media sosial. Tak hanya digunakan untuk komunikasi pribadi, media sosial memiliki banyak fungsi lainnya yang seiring berjalannya waktu semakin banyak. Salah satu aplikasi video yang sering di gunakan oleh masyarakat dan sekarang ini sedang terkenal adalah aplikasi tiktok.
Aplikasi tiktok dibuat oleh seorang asal Tiongkok yaitu Zhang Yiming. Tiktok yang kita kenal seperti sekarang awalnya tidak muncul sebagai tiktok. Pada september 2016 perusahaan asal cina yakni Byte Dance meluncurkan aplikasi video pendek bernama douyin.
Dalam waktu 1 tahun douyin memiliki 100 juta pengguna dan 1 miliar tayangan video setiap hari. Akibat meroketnya popularitas douyin melakukan ekspansi ke luar cina dengan nama baru yang lebih dikenal yaitu tiktok. Menurut prosenjit & anwesan (2021) tiktok adalah sebuah aplikasi turunan dari internet yang berbasis media social dengan memberikan fitur untuk membuat dan membagikan konten berupa video singkat.
Menggunakan aplikasi tiktok sangatlah mudah maka tidak heran jika masyarakat di Indonesia banyak menggunakan aplikasi tersebut. Aplikasi tiktok ini memberikan efek-efek spesial untuk video pendek sehingga terlihat menarik dan dapat ditonton oleh siapa saja.
Tiktok adalah aplikasi berbasis media sosial yang populer digunakan untuk mengunggah, mengedit video dengan durasi pendek. Fungsi dari tiktok tidak hanya sebagai media hiburan, dan media edukasi. Tiktok dapat memberikan hiburan bagi setiap orang untuk menghilangkan rasa lelah dan rasa bosan. Tidak hanya melihat video yang di buat oleh orang lain, kita juga bisa membuat video tiktok sendiri dengan menirukan gerakan yang di buat oleh orang lain. Karena seiring banyaknya pengguna dan berkembangnya zaman tiktok dapat menjadi tempat untuk belanja online.
Belanja online saat ini menjadi trend masyarakat indonesia. Perkembangan teknologi yang kian pesat memberikan perubahan pada perilaku konsumen dalam melakukan pembelian. Salah satunya melakukan pembelian secara online. Hal ini dikarenakan lebih praktis, dapat menghemat waktu dan tenaga. Pelaku bisnis, individu, maupun pihak-pihak terkait yang menggunakan teknologi informasi dan komunikasi untuk jalanya poroses bisnis hingga dapat memberikan keuntungan berupa keamanan, efisiensi, fleksibilitas, optimasi, integrasi, meningkatkan produktivitas. Tak tertinggal tiktok membuat fitur-fitur bagi para pengguna.
Fitur-fitur baru dari tiktok seperti tiktokshop sendiri dapat menjadi tempat bagi pengguna tiktok berbelanja dan berjualan. Sebenarnya banyak masyarakat yang belum mengetahui tentang fitur tiktok yang baru ini, namun banyak penjual yang terus mencoba membuat konten iklan atau promosi melalui video yang mereka upload di aplikasi tiktok itu sendiri.
Beberapa strategi marketing yang dilakukan penjual dengan aplikasi tiktok adalah dengan menggunakan tagar atau hastag (#) saat memposting video iklan agar produk mudah ditemukan oleh pembeli, pembeli dapat mencari nama atau jenis produk yang mereka inginkan dengan menggunakan tagar, penjual dapat juga membuat video iklan produknya dengan mengikuti trend yang sedang berlangsung, dan bisa juga dengan melakukan kolaborasi atau kerjasama dengan influencer agar produk cepat dikenal.
Tiktok shop merupakan fitur baru yang dikembangkan oleh tiktok yang fungsinya digunakan untuk transaksi jual beli melalui aplikasi tiktok langsung. Bukan seperti marketplace pada facebook atau instagram shopping karena pembeli dapat membeli barang yang mereka inginkan langsung dalam aplikasi tiktok tersebut tanpa harus mengunjungi situs web yang disediakan toko ataupun harus mengunduh aplikasi lain.
Mulai dari katalog produk, layanan chat dengan penjual hingga pembayaran dilakukan langsung di aplikasi. Fitur ini membuat banyak orang tertarik untuk mendaftar. Ketentuan untuk bergabung tiktokshop membuat akun tiktokshop agar mendapatkan izin menjual produk serta memiliki 2000 lebih followers.
Lalu bagaimana dengan pengguna baru atau creator yang followers tiktoknya tidak lebih dari 2000? Tidak perlu cemas karena semua pengguna tiktok terutama creator dapat bergabung dengan program tiktok affiliate. Tiktok affiliate adalah program yang dibuat oleh tiktok sebagai strategi yang dapat menghubungkan kreator dan penjual (seller). Progam affiliate memungkinkan seseorang untuk memberikan sebuah link dari konten video di tiktok untuk membeli produk atau barang yang dijual oleh seller. Program ini dapat menguntungkan penjual (seller) dan creator yang bergabung akan mendapatkan komisi.