Lihat ke Halaman Asli

Peran UMKM dalam Pertumbuhan Ekonomi Indonesia

Diperbarui: 28 Juni 2022   21:22

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) sangat berperan penting dalam perekonomian Indonesia. UMKM berperan untuk mewujudkan pemerataan ekonomi rakyat karena memiliki lokasi di berbagai tempat. UMKM bahkan menjangkau daerah yang pelosok sehingga masyarakat tidak perlu ke luar kota untuk memperoleh penghidupan yang layak.

Dalam menjalankan bisnis, digitalisasi menjadi persoalan yang cukup penting bagi pelaku UMKM sebagai strategi dasar berbisnis. UMKM harus mampu beradaptasi dengan perkembangan teknologi saat ini yang begitu cepat. Dalam hal ini, pelaku UMKM cukup terbantu dengan adanya transaksi jual beli secara online, dan bisa memasarkan produk-produknya melalui sosial media. Pemasaran melalui sosial media menjadi salah satu cara yang dapat dilakukan untuk memperkenalkan produk UMKM kepada calon konsumen. Dengan pemasaran melalui digital, maka akan sangat membantu menjangkau pasar lebih luas, efektif dan efisien. Sehingga masyarakat tidak perlu ke luar kota untuk mencari kebutuhannya.

UMKM mempunyai peranan yang sangat penting bagi perekonomian di Indonesia dalam menciptakan lapangan kerja dibandingkan usaha besar, sehingga UMKM memiliki andil besar dalam penyerapan tenaga kerja. Sebagai salah satu pilar ekonomi Indonesia, UMKM perlu didukung semua pihak baik pemerintah maupun masyarakat.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline