Lihat ke Halaman Asli

Dini Nurani Rahmawati

Guru Biologi, Konten Kreator (Youtube, Instagram, Tiktok)

Racangan Aksi Nyata Modul 1.4 Budaya Positif di Sekolah

Diperbarui: 23 Januari 2023   11:48

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

RANCANGAN TINDAKAN AKSI NYATA
Judul Modul : 1.4 Budaya Positif
Nama Peserta : Dini Nurani Rahmawati, S.Pd.

Latar Belakang :

Ketika murid merasakan tekanan-tekanan dari lingkungannya, maka proses pembelajaran akan sulit terjadi bahkan akan mengganggu perkembangan potensinya. Oleh karena itu, sebagai salah satu tanggung jawab kita sebagai pendidik adalah menghilangkan atau mencabut gangguan-gangguan yang menghalangi menghalangi proses pengembangan potensi murid. 

Untuk itulah menciptakan lingkungan yang positif perlu dilakukan agar terbentuk suatu budaya positif. Suatu lingkungan positif yaitu terdiri dari warga sekolah yang saling mendukung, saling belajar, saling bekerja sama sehingga tercipta kebiasaan-kebiasaan baik;dari kebiasaan-kebiasaan baik akan tumbuh menjadi karakter-karakter baik warga sekolah, dan pada akhirnya karakter-karakter dari kebiasaan-kebiasaan baik itu akan membentuk sebuah Budaya Positif. Melalui lingkungan yang aman dan nyaman maka akan memberikan murid kesempatan dan kebebasan untuk berproses,belajar, membuat kesalahan, belajar lagi, sehingga mampu menerima dan menyerap suatu pembelajaran.

Tujuan Mewujudkan Budaya Positif dengan cara sebagai berikut:
1.Membentuk keyakinan kelas
2.Menumbuhkan motivasi internal melalui penerapan disiplin positif/kontrol diri
3.Menumbuhkan nilai-nilai kebajikan
4.Mengambil posisi kontrol sebagai Manager dan melaksanakan segitiga restitusi dalam menangani permasalahan dengan peserta didik.

Tolok Ukur:
1.Terbentuknya keyakinan kelas
2.Tumbuhnya motivasi internal dari dalam diri murid.
3.Tumbuhnya nilai-nilai kebajikan dari dalam diri murid.
4.Guru mampu menjalankan posisi kontrol sebagai manager dan melaksanakan segitiga restitusi dalam menyelesaikan permasalahan.
5.Murid mampu mencari solusi atas permasalahan yang dihadapinya.
6.Murid memiliki dunia berkualitas versi dirinya sendiri
7.Murid memiliki karakter yang kuat sesuai dengan Profil Pelajar Pancasila.
8.Terciptanya lingkungan belajar yang aman, nyaman dan menyenangkan.

Lini Masa Tindakan yang akan dilakukan:
1.Meminta izin kepada Kepala Sekolah untuk melaksanakan Diseminasi Aksi Nyata Modul 1.4 tentang Budaya Positif di Sekolah.
2.Mendiskusikan pentingnya penerapan budaya positif di sekolah dengan Kepala Sekolah, Pengawas dan rekan sejawat dalam kegiatan Diseminasi Diseminasi Aksi Nyata Modul 1.4 tentang Budaya Positif di Sekolah.
3.Sosialisasi pentingnya budaya positif kepada komunitas sekolah.
4.Mengajak rekan sejawat untuk turut membuat keyakinan kelas di kelasnya masing-masing beserta dengan peserta didik.
5.Merumuskan keyakinan sekolah berdasarkan keyakinan kelas yang telah disepakati bersama peserta didik.
6.Berkolaborasi bersama dengan seluruh komunitas sekolah untuk menjalankan keyakinan sekolah yang telah disepakati bersama secara konsisten.
7.Mengajak rekan guru untuk mengambil posisi kontrol sebagai manager dan melaksanakan segitiga restitusi saat timbul permasalahan dalam menjalankan keyakinan sekolah.
8.Melakukan refleksi dan rencana tindak lanjut demi perbaikan dalam kurun waktu 2 minggu sekali terhadap pelaksanaan keyakinan kelas dan keyakinan sekolah.

Dukungan yang dibutuhkan:
1.Dukungan dari kepala sekolah, pengawas pembina, komite sekolah, rekan guru, staff tata usaha, peserta didik dan wali murid.
2.Banner/spanduk, digital flayer undangan diseminasi, laptop, proyektor/infokus, mic,speaker, kamera, HP, tripod, dll.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline