Lihat ke Halaman Asli

Dini Khaerina Azahra

Mahasiswa Ekonomi Pembangunan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Calon Maba 2024, Ini Dia Tips Memilih Jurusan Sesuai Minat dan Bakat

Diperbarui: 28 Desember 2023   08:23

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi maba kuliah di jurusan yang salah (SHUTTERSTOCK)

Dalam perjalanan menuju ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi, banyak siswa ataupun calon mahasiswa yang menghadapi tantangan runyam. Salah satunya adalah memilih jurusan kuliah. Dimana tantangan inilah yang akan menemani masa kuliah dan akan membentuk jalur karir mereka nantinya. 

Bagi para calon mahasiswa baru, proses memilih jurusan adalah bagian terlama dan seringkali dapat menimbulkan kebingungan.

Memilih jurusan kuliah sesuai dengan minat, bakat dan passion yang dimiliki sangatlah penting, karena penentuan jurusan tersebut yang akan membawa kamu pada jenjang karir di masa depan. Minat akan mendorong seseorang untuk lebih aktif dan tertarik dalam mengembangkan potensi yang ada serta lebih percaya dalam memilih sesuatu (Saragih & Simbolon, 2022). 

Di bawah ini akan dibahas beberapa tips dan panduan untuk kamu calon mahasiswa baru menentukan jurusan kuliah. So, let’s dive in and find the perfect path your future!

Sumber Foto: iStock.com

Kenali Minat, Bakat, dan Passionmu

Bila mahasiswa menyalurkan bakatnya dengan benar dan mengetahui minatnya maka ia akan bahagia dan dengan sendirinya akan berkomitmen terhadap pendidikannya (Nurhartanto & Wengrum, 2021). 

Hal pertama dalam mempertimbangkan jurusan kuliah adalah mengenali minat dan bakat yang dimiliki oleh diri sendiri. Ketika kamu mengetahui hal tersebut, nantinya kamu akan mampu menentukan jurusan apa yang sesuai dengan kemampuan kamu.

Untuk mengetahui minat dan bakat, kamu bisa coba dengan melakukan aktivitas yang disukai atau bisa mencobanya dengan mengikuti tes minat dan bakat. 

Seperti contoh, sangat menyukai segala hal mengenai obat-obatan dan kamu merasa bahwa farmasi sangat cocok untuk kamu, kamu bisa ambil jurusan farmasi. Jangan sampai salah memilih, karena pemilihan jurusan yang sesuai akan membuat kamu merasa lebih enjoy dalam menjalani masa perkuliahan.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline