Lihat ke Halaman Asli

Dini Aulia Puspita

S1-Keperawatan

Pengaruh Gadget pada Kesehatan Mental Mahasiswa

Diperbarui: 15 Desember 2021   21:46

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Olahan dari canva

           

                                                                                                                       

 Di zaman milenial seperti sekarang, perkembangan teknologi berkembang begitu cepat. Gadget merupakan sebuah kata yang diambil dari bahasa Inggris, gadget yaitu sebuah alat yang berukuran kecil memiliki fungsi dan tujuan khusus. Menurut Laswell, gadget dibuat dengan tujuan untuk mempermudah pengguna pada saat memakai media komunikasi (West dan Turner. 2007:30-31). Di masa pandemi covid-19 seperti sekarang ini, gadget merupakan salah satu alat elektronik yang sangat dibutuhkan mahasiswa dalam proses pembelajaran online. Dalam pembelajaran online mahasiswa banyak sekali menggunakan gadget sebagai media komunikasi dan pembelajaran.

            Penggunaan gadget yang digunakan secara terus menerus akan berpengaruh pada kesehatan mental mahasiswa. Kesehatan mental merupakan keadaan yang mengharuskan individu untuk terus berkembang secara fisik, kecerdasan, dan emosional dengan memperhatikan kondisi orang di sekitar  (Notosoedirjo & Latipun,2001:21). Kesehatan mental sangat berpengaruh dalam proses pembelajaran mahasiswa contohnya dalam perkuliahan online seperti sekarang, karena mahasiswa dituntut untuk beradaptasi pada lingkungan  perkuliahan yang baru.

         Dampak yang ditimbulkan dari penggunaan gadget secara terus menerus pada mahasiswa yaitu sulitnya berpikir secara jernih, insomnia, sulit mengatur dan mengontrol emosi. Dalam hal ini sering kita jumpai mahasiswa yang mengerjakan tugas sampai larut malam sehingga berpengaruh pada kesehatan mentalnya, selain menggangu kesehatan mental, hal tersebut mengakibatkan timbulnya penyakit insomnia.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline