Lihat ke Halaman Asli

Menerapkan Sikap Moderasi Beragama Dalam Memperingati Tahun Baru Islam 1443 H

Diperbarui: 11 Agustus 2021   09:26

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

KENDAL. KKN Mandiri Inisiatif Terprogram Dari Rumah ke 12, Kelompok 44 menyelenggarakan seminar secara daring tentang Moderasi Beragama.

Webinar yang diselenggarakan di rumah masing-masing, Senin (9/8/2021) oleh KKN MIT DR 12 kelompok 44 mengambil tema tentang Menerapkan Sikap Beragama Dalam Memperingati Tahun Baru Islam 1443 H. Acara ini menarik sekitar 107 pendaftar dari kalangan mahasiswa UIN Walisongo Semarang melalui ZOOM Meeting.

Dani Zakariya selaku Trainer Al Maliki Center menjadi pemateri dalam Webinar Moderasi Beragama. Adapun yang hadir dalam acara Webinar Moderasi Beragama diantaranya M.Rizka Chamami, M.Si selaku Kapus PPM-LPPM UIN Walisongo Semarang, dan DPL kelompok 44 KKN MIT DR 12 UIN Walisongo Semarang, Dwimei Ayudewandari Pranatami M. Sc. Adapun materi yang dibawakan oleh Dani Zakariya membahas tentang sejarah Tahun Baru Islam (Muharram) atau dijuluki Bulan Allah (Syahrullah).

"Konsep Persaudaraan (Ukhuwah) terbagi menjadi tiga diantaranya, Persaudaraan Sesama Islam (Ukhuwah Islamiyah) yaitu seseorang merasa saling bersaudara karena seagama. Persaudaraan Sebangsa dan Negara (Ukhuwah Wathaniyah) yaitu seseorang merasa saling bersaudara satu sama lain karena satu bangsa. Persaudaraan Sesama Manusia (Ukhuwah Basyariyah/Insaniyah) yaitu persaudaraan yang mengedepankan rasa kemanusiaan tanpa memandang agama, ras, suku, bangsa dan budaya" kata Dani Zakariya.

Dalam bermoderasi harus memiliki bekal ilmu pengetahuan tentang agama. Sehingga ketika menyampaikan ide atau gagasan mengenai agama tidak melenceng dari ajarannya. Dengan adanya sikap moderasi beragama diharapkan cara pandang masyarakat dalam menyikapi tentang berbagai macam agama di masyarakat tidak menimbulkan sikap anarkisme.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline