Lihat ke Halaman Asli

Keindahan Desa Srigonco yang Berada di Kecamatan Bantur Kabupaten Malang

Diperbarui: 30 Desember 2020   22:51

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Desa Srigonco Kecamatan Bantur Kabupaten Malang - dokpri

Desa Srigonco yang terletak di Kecamatan Bantur Kabupaten Malang tepatnya berada di 54 km dari pusat Kota Malang. Desa Srigonco ini mempunyai luas wilayah sebesar 811,9 HA dengan jumlah penduduk sebanyak 5.651 orang. Desa Srigonco yang terdiri dari 3 dusun yaitu dusun krajan, dusun sumber jambe dan dusun watu sigar.

Mata pencaharian mayoritas masyarakat Desa Srigonco - dokpri

Mayoritas mata pencaharian masyarakat di Desa Srigonco adalah dengan bercocok tanam.  Bertani palawija dan persawahan.

Pantai Balekambang - dokpri

Tempat wisata yang berada di Desa Srigonco salah satunya ada Pantai Balekambang yang berada di Dusun Sumber Jambe Desa Srigonco. Keindahan Pantai Balekambang sendiri sudah banyak dikenali oleh turis dari Provinsi Jawa Timur maupun dari luar pulau Jawa.  

Daya tarik Balekambang utamanya tentu panorama alam, gelombang ombak yang memanjang hampir dua kilometer, serta hamparan pasir nan luas. Area pasir putih terlihat bersih dari sampah maupun kotoran sehingga cukup nyaman bagi pengunjung untuk bermain dan berolahraga.

Pantai Balekambang selain sebagai wisata alam, juga bisa disebut sebagai tempat wisata religi. Karena pada hari-hari tertentu, ribuan pengunjung datang ke pantai ini untuk melakukan ritual. 

Bagi umat Islam, mereka menjalani ritual dengan berziarah ke makam Syaikh Abdul Jalil, orang pertama yang membabat Pantai Balekambang. Setiap tanggal 1 Sya'ban, para peziarah meluber ke makam yang berada terpencil di tepi Kali Berek, jaraknya sekitar 1 km sebelum masuk Pantai Balekambang dari arah Bantur.

Selain Pantai Balekambang tempat wisata lainnya yang berada di Desa Srigonco adalah Pantai regent yang berada persis di sebelah Pantai Balekambang.

Tari Jaranan khas Desa Srigonco - dokpri

Salah satu budaya yang sampai saat ini masih di lestarikan di desa srigonco ini ada kesenian tari tradisional jaranan. Tari ini dimainkan oleh para penari dengan menaiki kuda tiruan yang terbuat dari anyaman bambu.

Komoditas pisang di Desa Srigonco - dokpri

Ada juga komoditas pisang yang menjadi salah satu mata pencaharian di desa srigonco. Lokasi yang strategis berada di Jalur Lintas Selatan memberikan peluang untuk memperkenalkan pisang sebagai salah satu daya tarik wisata pantai malang selatan. Pisang yang dijual kebanyakan yaitu pisang kapok, pisang balin, pisang susu, pisang raja dan pisang candi. 

Penulis : Nurul Fajriah Andini

Fotografer : Nurul Fajriah Andini




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline